Banjir di Banyak Daerah, Kapan Puncak Musim Hujan Berakhir? Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 20/01/2022, 16:20 WIB
Jalan Ahmad Yani, Pulogadung, Jakarta Timur, terendam banjir setinggi sekitar 50 sentimeter, Selasa (18/1/2022) sore. KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMADJalan Ahmad Yani, Pulogadung, Jakarta Timur, terendam banjir setinggi sekitar 50 sentimeter, Selasa (18/1/2022) sore.


KOMPAS.com - Memasuki puncak musim hujan, banjir telah melanda sejumlah wilayah di tanah air. Pekan ini saja, banyak wilayah yang kerap dilanda banjir, beberapa di antaranya yakni Jakarta, Palembang, dan Jember.

Sementara banjir Jakarta sendiri, sudah terjadi sejak Selasa (18/1/2022). Banjir tidak kunjung surut dan justru meluas pada Rabu (19/1/2022).

Berdasarkan keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada pukul 12.00 WIB kemarin, ada sekitar 93 RT yang terendam banjir dengan ketinggian air 40-100 cm.

Bahkan, Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta Moh Insaf mengatakan, sampai pukul 15.00 WIB kemarin, ada penambahan titik banjir di Jakarta menjadi 102 RT.

Meskipun tidak menelan korban jiwa, tetapi banjir Jakarta telah mengganggu aktivitas masyarakat dan membuat ribuan warga harus mengungsi sementara.

Selain Jakarta, banjir juga kerap terjadi di Palembang.

Apalagi ketika terjadi hujan lebat atau hujan turun dengan intensitas sedang dalam durasi yang cukup lama, maka beberapa kawasan permukiman warga hingga jalanan protokol ibu kota akan tergenang air, sehingga membutuhkan waktu beberapa jam sampai air surut kembali.

Baca juga: Hari Ini, Waspada Cuaca Ekstrem di Jakarta Bisa Sebabkan Banjir

 

Banjir tak hanya terjadi di Jakarta, memasuki puncak musim hujan ini banjir juga melanda masyarakat di Kabupaten Jember.

Hujan deras pada Senin (17/1/2022) juga menyebabkan puluhan rumah milik 45 kepala keluarga di Kecamatan Patrang dan Kaliwater, Jember, terendam banjir.

Sama halnya dengan kondisi banjir di Jakarta, banjir di Jember juga tidak ada korban jiwa tetapi masyarakat yang rumahnya terendam harus terpaksa mengungsi. Serta, beberapa fasilitas publik juga ikut terdampak.

Sebagian besar banjir yang terjadi di sejumlah daerah itu dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi dan terjadi hampir setiap hari.

Lantas, apakah banjir di banyak daerah ini pertanda sudah puncak musim hujan, dan kapan berakhirnya?

Koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Supari mengatakan, saat ini memang sebagian besar wilayah Indonesia berada di periode puncak musim hujan.

"Memang sebagian sedang dan masih akan mengalami puncak musim hujan," kata Supari menjelaskan banjir yang terjadi di banyak daerah terjadi kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: BMKG Prediksi Potensi Hujan Lebat Saat Natal dan Tahun Baru, Waspadai Banjir di Wilayah Berikut

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.