Kompas.com - 18/01/2022, 17:15 WIB


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di Jakarta, hari ini, Selasa (18/1/2022). 

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, hampir di seluruh wilayah DKI Jakarta berpeluang mengalami cuaca ekstrem yang berisiko memicu bencana hidrometeorologi.

Cuaca ekstrem yang dimaksud berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari ini.

Sedangkan, untuk wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat berpeluang terjadi cuaca ekstrem hingga dini hari.

Untuk itu, masyarakat diminta segera mengantisipasi dan waspada bencana hidrometerologi berupa banjir, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, jalan licin, dan lain sebagainya.

Upaya mitigasi perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak dan terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Baca juga: Banyak Daerah Banjir, Sampai 9 Desember Cuaca Ekstrem Berpotensi Hantam Wilayah Ini

 

Wilayah waspada cuaca ekstrem hari ini

Sebab, akibat hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta sejak pagi tadi, telah menimbulkan genangan atau banjir di 19 titik lokasi di Jakarta.

"Total ada titik 19 genangan yang ada. Kami pastikan segera surut," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa. 

Riza menyampaikan, banjir merendam tiga lokasi di Jakarta, 12 lokasi di Jakarta Barat, tiga lokasi di Jakarta Utara, dan satu lokasi di Jakarta Pusat.

Namun, faktanya banjir di Jakarta Pusat tidak hanya terjadi di satu lokasi. 

Di Jakarta Pusat, banjir hari ini akibat dampak cuaca ekstrem, salah satunya berpotensi terjadi di Jalan Medan Merdeka Timur dengan ketinggian sekitar 30 cm. 

Baca juga: BMKG: Jakarta dan Wilayah Lain, Waspada Potensi Cuaca Ekstrem dan Banjir Sepekan ke Depan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.