Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 29/09/2021, 07:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan, 70 persen daerah berpotensi alami curah hujan tinggi atau hujan intensitas lebat dan cuaca ekstrem.

Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki awal musim hujan, kondisi tersebut sebagai pertanda masa peralihan atau transisi yang biasa disebut pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

Berdasarkan analisis curah hujan pada dasarian II September 2021, sebanyak 6,14 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan sebagian besar wilayah masih mengalami musim kemarau.

Wilayah yang sudah mengalami musim hujan meliputi sebagian Sumatera Utara, sebagian Riau, sebagian besar Sumatera Barat, sebagian Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan bagian selatan, dan Kalimantan Timur bagian selatan, Kalimantan tengah bagian timur, Sebagian Maluku.

Baca juga: Daftar Wilayah Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Hari Ini

 

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, pada dasarian III atau 10 hari terakhir September 2021, wilayah di Indonesia yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi lebih dari 150 mm per dasarian.

Wialayh kategori tinggi tersebut meliputi sebagian Bengkulu, sebagian Kalimantan Utara, sebagian Sulawesi Utara, sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan bagian utara, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan sebagian Papua.

Peringatan dini curah hujan tinggi

Mengacu pada hal tersebut diatas dan prediksi peluang hujan tinggi lebih dari 70 persen, maka perlu kewaspadaan terhadap dampak potensi curah hujan tinggi dan potensi cuaca ekstrem.

Berdasarkan prakiraan peluang curah hujan dasarian (10 harian), terdapat indikasi potensi curah hujan tinggi hingga 1 (satu) dasarian ke depan dengan status Waspada, Siaga hingga Awas, di sejumlah wilayah di Indonesia sebagai berikut :

Baca juga: Daftar Wilayah Waspada Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem 20 Hari ke Depan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com