Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Herbal Asma, Bisa Mengurangi Sesak Napas

Kompas.com - 28/09/2021, 17:06 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comAsma adalah penyakit inflamasi kronis yang terjadi pada saluran napas. Obat herbal asma bisa membantu seseorang untuk meredakan gejala yang dialami pasien.

Ketika pasien asma terpapar terhadap pemicu asma, lapisan dalam saluran napas akan mengalami inflamasi. Kondisi ini akan memicu sel memproduksi mukus sehingga membuat saluran napas menjadi sempit dan sesak napas.

Asma disebabkan kombinasi dari genetik dan lingkungan. Faktor genetik yang mempengaruhi adalah jika orang tua memiliki alergi dan asma. Sedangkan faktor lingkungannya adalah paparan terhadap debu, asap, bulu kucing, dan faktor lainnya.

Obat herbal asma

Berikut ini adalah obat herbal asma yang bisa Anda temukan bahannya dengan mudah di rumah.

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Asma adalah penyakit inflamasi, oleh karena itu, bawang putih berpotensi untuk meredakan gejala asma.

2. Jahe

Jahe juga merupakan obat herbal asma karena efek antiinflamasinya. Sebuah studi tahun 2013 menyebutkan bahwa suplemen yang mengandung jahe mampu mengurangi gejala asma.

3. Madu

Madu sering digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan radang tenggorokan. Tidak hanya itu, madu juga bisa meredakan gejala asma. Minum madu dengan mencampurnya dengan secangkir teh hangat setiap hari.

Baca juga: Penderita Asma Disarankan untuk Rutin Berenang, Ini Alasannya

4. Kafein

Kafein yang terkandung di dalam kopi dan teh terbukti bisa membantu pasien asma. Kafein memiliki efek bronkodilator dan bisa mengurangi gejala asma. Menurut penelitian tahun 2010, kafein bisa memberikan efek bronkodilator hingga empat jam setelah dikonsumsi.

5. Sayuran berwarna hijau tua

Sayur-sayuran berwarna hijau tua mengandung antioksidan tinggi yang mampu mengurangi inflamasi dan meredakan alergi. Contoh sayur berwarna hijau tua antara lain kale dan bayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com