Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Diidap SBY, Ini Tanda Kanker Prostas | Kata Sosiolog Soal Ibu Trimah

Kompas.com - 03/11/2021, 07:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dikabarkan mengidap kanker prostat stadium awal. Tanda-tanda kanker yang menyerang pria ini pun menjadi salah satu artikel paling banyak dibaca.

Selain itu, viralnya ibu Trimah (69) yang dititipkan ketiga anaknya di panti jompo Malang pun turut memicu perdebatan netizen di sosial media. Bagaimana sosiolog melihat isu sosial yang masih dianggap tabu oleh masyarakat ini pun menjadi berita populer lainnya.

Dua vaksin lain yang bisa jadi kandidat untuk diberikan ke anak-anak Indonesia hingga efikasi vaksin Pfizer untuk anak 5 tahun turut menjadi berita populer lain.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (2/11/2021) hingga Rabu (3/11/2021) pagi.

Tanda kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang umum pada pria, tetapi sangat dapat diobat saat kanker ini diketahui pada kondisi awal.

Kanker prostat seperti yang dialami SBY, adalah jenis kanker yang menyerang pria, bahkan jenis kanker ini sangat umum dialami pria di Amerika Serikat.

Penyakit kanker prostat dimulai di kelenjar prostat, yang berada di antara penis dan kandung kemih, dikutip dari Medical News Today.

Fungsi prostat yakni memproduksi cairan yang memberikan nutrisi dan mengangkut sperma.

Selain itu, prostat berfungsi mengeluarkan antigen spesifik prostat (PSA), yakni protein yang membantu air mani mempertahankan keadaan cairnya.

Prostat juga membantu mengontrol urin.

Gejala atau tanda seseorang mengalami kanker prostat, seringkali tidak ada selama tahap awal kanker tersebut menyerang tubuh. Akan tetapi, dengan skrining dapat mendeteksi perubahan yang dapat mengindikasikan kanker.

Dalam pemeriksaan medis, skrining yang dilakukan biasanya melibatkan tes yang akan mengukur kadar PSA dalam darah. Apabila tampak tinggi, maka menunjukkan kemungkinan adanya kanker yang berkembang.

Mengenali tanda-tanda awal kanker prostat akan dapat membantu penyembuhan pasien.

Selengkapnya baca di sini:

SBY Idap Kanker Prostat, Kenali Tanda-tanda Kanker yang Menyerang Pria

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com