Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Idap Kanker Prostat, Kenali Tanda-tanda Kanker yang Menyerang Pria

Kompas.com - 02/11/2021, 16:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden ke-6 RI, dikabarkan mengidap kanker prostat stadium awal setelah diperiksa oleh tim dokter Indonesia.

Mengalami sakit kanker prostat SBY dikabarkan akan menjalani perawatan medis di luar negeri.

Seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (2/11/2021), Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan, SBY akan melakukan medical treatment atau perawatan medis untuk penanganan penyakit yang dideritanya tersebut di sebuah rumah sakit di luar negeri.

Rencana itu juga telah disampaikan SBY kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri," kata Ossy dalam keterangannya.

Lantas, apa itu kanker prostat?

Kanker prostat adalah jenis kanker yang umum pada pria, tetapi sangat dapat diobat saat kanker ini diketahui pada kondisi awal. 

Baca juga: Siapa Saja Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Kanker Prostat?

 

Kanker prostat seperti yang dialami SBY, adalah jenis kanker yang menyerang pria, bahkan jenis kanker ini sangat umum dialami pria di Amerika Serikat

Tanda-tanda kanker prostat

Penyakit kanker prostat dimulai di kelenjar prostat, yang berada di antara penis dan kandung kemih, dikutip dari Medical News Today.

Fungsi prostat yakni memproduksi cairan yang memberikan nutrisi dan mengangkut sperma. Selain itu, prostat berfungsi mengeluarkan antigen spesifik prostat (PSA), yakni protein yang membantu air mani mempertahankan keadaan cairnya. Prostat juga membantu mengontrol urin.

Gejala atau tanda seseorang mengalami kanker prostat, seringkali tidak ada selama tahap awal kanker tersebut menyerang tubuh. Akan tetapi, dengan skrining dapat mendeteksi perubahan yang dapat mengindikasikan kanker.

Dalam pemeriksaan medis, skrining yang dilakukan biasanya melibatkan tes yang akan mengukur kadar PSA dalam darah. Apabila tampak tinggi, maka menunjukkan kemungkinan adanya kanker yang berkembang.

Mengenali tanda-tanda awal kanker prostat akan dapat membantu penyembuhan pasien. Berdasarkan paparan Ossy, penyakit kanker prostat yang dialami SBY tersebut baru memasuki stadium awal.

Baca juga: Para Pria, Kenali Gejala Kanker Prostat dan Pencegahannya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com