Kompas.com - 02/11/2021, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Perawatan kanker prostat memiliki beberapa pilihan yang mungkin dilakukan. Pemilihan rencana perawatan kanker prostat perlu mempertimbangkan beberapa aspek untuk mengoptimalkan hasil yang ingin dicapai.

Beberapa aspek yang perlu diperhatikan adalah stadium kanker, umur dan angka harapan hidup, penyakit penyerta, dan kemampuan pasien untuk menerima efek samping perawatan.

Perawatan kanker prostat

Dilansir dari American Cancer Society, berikut adalah beberapa pilihan perawatan kanker prostat yang bisa dilakukan.

Observasi

Pada beberapa kasus, dokter mungkin tidak menyarankan prosedur perawatan invasif. Tindakan observasi biasanya dilakukan rutin setiap 6 bulan sekali dan bisa berlangsung hingga 3 tahun.

Prosedur ini digunakan untuk mengontrol kanker, namun bukan untuk menyembuhkannya. Pilihan ini diambil untuk kasus yang tidak menimbulkan gejala, berkembang sangat lambat, kecil, tidak menyebar, dan antigen spesifik prostat yang rendah.

Operasi

Operasi adalah pilihan tindakan yang paling umum dilakukan untuk mengobati kanker prostat. Operasi ini akan mengangkat seluruh jaringan prostat dan jaringan di sekitarnya.

Radioterapi

Radioterapi adalah prosedur memaparkan sinar radiasi untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi bisa dilakukan dari luar tubuh (external beam radiation) atau dari dalam (brachytherapy). Terapi radiasi umum digunakan pada pasien dengan stadium awal atau untuk mengontrol perkembangan kanker.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kanker Prostat, Penyakit yang Diidap SBY

Terapi hormon

Terapi hormon yang digunakan untuk kanker prostat adalah dengan menurunkan hormon pria yang disebut androgen. Dua hormon utama yang harus mendapat perhatian adalah testosteron dan dihidrotestosteron.

Jika hormon ini diturunkan atau dihentikan, maka akan mencegah sel kanker berkembang. Hal ini akan membuat prostat mengecil dan sel kanker juga melambat. Namun, terapi hormon tidak bisa dilakukan sebagai terapi tunggal.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah obat yang diberikan melalui mulut ataupun intravena. Obat ini akan menyebar melalui pembuluh darah ke setiap sel yang ada di dalam tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.