Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Dini Siswi SMP di Buru Selatan, Begini Situasi Perkawinan Anak di Indonesia

Kompas.com - 11/10/2021, 17:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernikahan dini siswi sekolah menengah pertama (SMP), NK, dengan tokoh agama asal Banten di Buru Selatan menuai kontroversi.

Tidak hanya itu, pernikahan dini siswi SMP ini juga mendapat protes dari sejumlah siswa, teman-teman NK dan guru sekolahnya.

Teman-teman NK dan guru-gurunya itu bahkan menggelar demo di Kantor Pemerintahan Kabupaten Buru Selatan, Maluku, Senin (4/10/2021).

Kepala SMP tempat NK bersekolah, Noho Lesilawang mengatakan, para siswa dan guru memilih berunjuk rasa karena merasa keputusan orang tua NK dan KUA telah memengaruhi murid lainnya.

"Kasus ini menjadi perhatian semua siswa di sekolah, mereka sangat merasa kehilangan begitu pun para guru, jadi saat dia dikawinkan oleh orangtuanya secara paksa itu sangat berpengaruh sekali kepada para siswa jadi inisittif dari Osis dan siswa, serta para guru kita langsung turun demo," kata Noho, seperti dalam pemberitaan Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Pernikahan Dini Meningkat Selama Pandemi, BKKBN Gencarkan Edukasi Reproduksi

 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buru Selatan, Maluku, Ambo Intan Karate mengaku heran dengan respons masyarakat dan sekolah atas pernikahan dini putrinya yang masih duduk di bangku SMP dengan seorang ustaz asal Tangerang, Banten.

Ambo menyebut di Maluku, ada banyak kasus siswi SMP yang menikah namun tidak pernah dibesar-besarkan dan menjadi heboh.

"Kenapa anak Ketua MUI yang disorot-sorot begitu, di kampung-kampung banyak anak SMP yang menikah tapi tidak pernah diprotes,"  ujarnya kepada Kompas.com via telepon seluler, Sabtu (9/10/2021).

Menurut Ambo, pernikahan putrinya itu menjadi urusan internal, dan bukan karena paksaan, tetapi atas keinginan putrinya sendiri, sehingga tidak perlu untuk dibesar-beesarkan.

Pernikahan dini di Indonesia

Kabar dari NK, siswi SMP dari Buru ini hanyalah salah satu dari kisah pernikahan dini atau perkawinan anak di Indonesia.

Baca juga: Pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar, Mengapa Acara Pribadi Selebriti Masih Marak Disiarkan Langsung?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com