Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar, Mengapa Acara Pribadi Selebritas Masih Marak Disiarkan Langsung?

Kompas.com - 20/08/2021, 18:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Lesti Kejora menikah dengan Rizky Billar, menjadi siaran pernikahan selebriti yang kembali menjadi konsumsi publik Indonesia.

Tahun 2014 lalu, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, telah lebih dulu memperkenalkan siaran pernikahan mereka di salah satu stasiun televisi swasta. Bahkan, frekuensi publik ini pun tak hanya digunakan selama beberapa jam saja, tetapi beberapa hari.

Semua prosesi sakral pernikahan Raffi dan Nagita disiarkan, dari pengajian, siraman, malam midodareni, akad nikah, hingga resepsi pernikahan. Siaran pernikahan di televisi tersebut berlangsung berhari-hari.

Pakar media dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nina Widyawati, mengatakan saat itu, siaran pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mulai memunculkan kontroversi.

Di antaranya mengenai siaran tersebut yang dianggap tidak penting, tetapi muncul perdebatan terkait menggunakan frekuensi publik.

Acara inipun kemudian berujung pada sanksi administrasi oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) berupa teguran tertulis.

Baca juga: Menyoal Sertifikat Pernikahan, Ini Tanggapan Psikolog Keluarga

 

Sebelum siaran pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar, hal yang sama juga dilakukan pasangan selebriti Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Masyarakat kembali disuguhi acara pribadi selebriti yakni prosesi pernikahan Atta dan Aurel.

Siaran pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah juga mendapat penolakan dari berbagai pihak.

"Di sini masyarakat sipil sudah mulai melakukan advokasi. Sekali lagi isunya adalah penggunaan frekuensi milik publik. Bahkan KNRP (Komisi Nasional Reformasi Penyiaran) mengkritik KPI yang tidak menghentikan siaran tersebut," jelas Nina saat dihubungi Kompas.com, Jumat (20/8/2021).

Pernikahan Lesti dan Rizky yang dilangsungkan pada 19 Agustus 2021 lalu juga turut mengundang reaksi yang sama. Siaran pernikahan penyanyi dangdut ini, juga menuai pro dan kontra.

Sebelum acara pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora dilangsungkan pada 19 Agustus lalu, sebelumnya, stasiun televisi swasta yang sama juga menyiarkan prosesi pra pernikahan keduanya.

Menjawab fenomena siaran langsung pernikahan artis ini, seperti yang baru saja berlangsung, pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar, Nina mengatakan bahwa sebenarnya masyarakat maupun KPI sudah berusaha melakukan advokasi.

Baca juga: Pernikahan Sedarah, dari Tabu hingga Catatan Sejarah Anak yang Jadi Korban

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com