Gerak Lurus Benda dan Macam-macamnya

11/10/2021, 12:32 WIB

KOMPAS.comSuatu benda dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi dari suatu titik acuan. Benda yang bergerak akan melalui suatu lintasan tertentu. Lintasan bisa berupa lintasan lurus, melingkar, atau tidak beraturan. Berikut ini akan dibahas mengenai gerak benda pada lintasan yang lurus.

Gerak lurus

Gerak lurus adalah gerak benda pada lintasan yang lurus. Gerak lurus melibatkan waktu, jarak, dan kecepatan.

Gerak lurus ada dua macam, yaitu Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan.

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak Lurus beraturan digunakan untuk menggambarkan kecepatan yang stabil. Misalnya, seorang atlet yang menempuh jarak 30 meter dalam waktu 6 sekon. Artinya atlet tersebut menempuh jarak 5 meter setiap sekonnya.

Kemampuan atlet di atas didefinisikan sebagai kelajuan dengan rumus matematis v=s/t dengan satuan m/s (meter per sekon) atau km/jam (kilometer per jam).

Baca juga: Gerak Semu Matahari dan Jenisnya

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak Lurus Berubah Beraturan digunakan untuk mendefinisikan percepatan atau perlambatan pergerakan benda. Contohnya ketika mobil pertama melaju, maka akan mengalami percepatan, sedangkan ketika mendekati tempat tujuan maka akan mengalami perlambatan.

Ini menunjukkan bahwa kelajuan mobil tersebut berubah.
Untuk menghitung kelajuan tersebut maka bisa dirumuskan dengan a=?v/?t dengan satuan m/s2 (meter per sekon kuadrat).

Percepatan benda sebagai gerak lurus tidak hanya berlaku pada benda yang bergerak secara horizontal saja. Percepatan juga terjadi pada benda yang bergerak secara vertikal.

Benda yang bergerak secara vertikal akan mengalami percepatan atau perlambatan akibat gaya gravitasi bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.