Kompas.com - 21/09/2021, 13:33 WIB
Gerak semu matahari Commons WikimediaGerak semu matahari

KOMPAS.comGerak semu matahari adalah terlihatnya matahari bergerak dari arah timur ke barat dan utara ke selatan. Gerak ini disebut semu karena matahari sesungguhnya diam dan tidak bergerak.

Terdapat dua macam gerak semu matahari, yaitu gerak semu harian matahari dan gerak semu tahunan matahari.

Gerak semu harian matahari

Pergerakan Matahari dari arah timur ke barat termasuk gerak semu harian matahari. Gerakan ini terjadi akibat gerakan rotasi Bumi.

Gerakan rotasi Bumi adalah gerakan Bumi berputar pada porosnya. Sekali putaran rotasi Bumi terjadi dalam 24 jam.

Gerakan ini membuat daerah yang terkena matahari berubah. Matahari seolah-olah terbit di timur setiap pagi dan tenggelam di barat setiap sore. Padahal, Matahari tetap diam pada tempatnya. Justru Bumi yang terus bergerak.

Baca juga: Apa Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi?

Gerak semu tahunan matahari

Gerak semu tahunan matahari adalah gerakan Matahari yang seolah-olah bergerak naik ke utara dan turun ke selatan sepanjang tahun. Gerakan ini terjadi akibat revolusi Bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Revolusi adalah gerakan Bumi mengelilingi Matahari. Sekali putaran Bumi mengelilingi Matahari terjadi selama satu tahun.

Gerakan semu tahunan Matahari membuat posisi Matahari berubah-ubah. Terkadang Matahari berada di utara, terkadang berada di selatan. Jarang sekali Bumi tepat berada di garis khatulistiwa.

Matahari dapat terlihat tepat berada di atas garis khatulistiwa sekitar bulan Oktober. Oleh karena ini pada bulan ini, wilayah yang berada du garis khatulistiwa merasa lebih panas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.