Kompas.com - 21/09/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 berbasis mRNA dari Pfizer-BioNTech terbukti aman dan beri perlindungan pada anak yang lebih kecil. Vaksin Pfizer efektif pada anak usia 5 tahun hingga 11 tahun di Amerika Serikat. SHUTTERSTOCK/Yuganov KonstantinIlustrasi vaksin Covid-19 berbasis mRNA dari Pfizer-BioNTech terbukti aman dan beri perlindungan pada anak yang lebih kecil. Vaksin Pfizer efektif pada anak usia 5 tahun hingga 11 tahun di Amerika Serikat.


KOMPAS.com - Pfizer dan BioNTech mengumumkan kabar baik dari uji klinis fase II/III vaksin Covid-19 mereka pada anak usia 5 tahun hingga 11 tahun. Hasilnya, vaksin Pfizer, aman dan memberikan respons perlindungan.

Setelah hasil ini keluar ini, Pfizer-BioNTech berencana mengajukan izin untuk penggunaan vaksin berbasis mRNA mereka pada anak-anak dengan rentang usia tersebut di Amerika Serikat, Eropa, dan tempat lain.

Dilansir dari Reuters, Senin (20/9/2021), Pfizer-BioNTech mengatakan bahwa vaksin dua dosis mereka menghasilkan respons kekebalan pada anak usia 5 tahun hingga 11 tahun.

Respons imun yang terbentuk dari vaksin Pfizer pada anak usia tersebut juga sebelumnya tampak saat diujikan pada anak usia remaja, dari 16 tahun hingga 25 tahun.

Bahkan, menurut perusahaan ini, profil keamanan vaksin Pfizer untuk anak ini juga umumnya sebanding dengan kelompok usia yang lebih tua.

"Sejak Juli, kasus Covid-19 pada anak telah meningkat sekitar 240 persen di AS, menggarisbawahi kebutuhan kesehatan masyarakat untuk vaksinasi," kata Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Vaksin Pfizer untuk Anak Remaja di Indonesia, Ini Efikasi dan Efektivitasnya

 

"Hasil uji coba (vaksin Pfizer) ini memberikan dasar yang kuat untuk mencari otorisasi vaksin kami untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun, dan kami berencana untuk menyerahkannya ke FDA dan regulator lainnya dengan segera," imbuh Bourla.

Vaksin Pfizer yang dikembangkan bersama mitranya dari Jerman, BioNTech telah memenangkan otorisasi peraturan Amerika Serikat untuk penggunaan vaksin mRNA mereka pada anak usia 12 tahun ke atas.

Bahkan termasuk persetujuan penggunaan vaksin pada remaja 16 tahun ke atas secara penuh oleh FDA pada bulan lalu.

Pejabat tinggi kesehatan AS mengatakan pada Reuters, bahwa mereka meyakini, regulator akan dapat membuat keputusan yang tepat terkait suntikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak yang lebih kecil dalam waktu tiga minggu setelah perusahaan ini mengajukan permintaan otorisasi penggunaan darurat.

Dengan percepatan pemberian otorisasi penggunaan darurat vaksin untuk anak yang lebih kecil, dalam hal ini vaksin Pfizer berbasis mRNA, maka dapat membantu mengurangi potensi lonjakan kasus Covid-19 pada musim gugur ini, yang mana sekolah-sekolah sudah akan mulai dibuka secara nasional.

Baca juga: Vaksin Pfizer 100 Persen Efektif Cegah Covid-19 pada Anak Berusia 12 hingga 15 Tahun

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.