Kompas.com - 20/09/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi gunung berapi meletus, gunung berapi super di Bumi. SHUTTERSTOCK/ROMOLO TAVANIIlustrasi gunung berapi meletus, gunung berapi super di Bumi.

KOMPAS.com - Tim peneliti internasional mengungkapkan, jika ancaman letusan gunung berapi super (supervulcano) akan selalu ada.

Hasil tersebut didapat setelah peneliti mempelajari letusan Toba, gunung berapi purba di Sumatera Utara.

Peneliti pun mendapati jika gunung berapi tersebut tetap aktif dan berbahaya selama ribuan tahun setelah letusan super.

Temuan ini pun mendorong peneliti untuk memikirkan, pentingnya memprediski bencana ini di masa depan.

Baca juga: NASA: Ribuan Letusan Gunung Berapi Purba Pernah Terjadi di Mars

Menurut Martin Danišík, penulis utama dari Curtin University mengatakan, kalau gunung berapi super sering meletus beberapa kali dengan interval puluhan ribu tahun. Tetapi, tak diketahui apa yang terjadi selama periode tak aktif tersebut.

"Memperoleh pemahaman tentang periode tak aktif yang panjang itu akan membantu kita memahami dan memprediksi letusan di masa depan," kata Danišík, seperti dikutip dari Science Daily, Senin (20/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Letusan super adalah salah satu peristiwa paling bencana dalam sejarah Bumi. Dalam peristiwa tersebut, gunung berapi akan mengeluarkan magma dalam jumlah besar secara seketika.

Letusan tersebut dapat berdampak pula pada iklim global hingga membuat Bumi mengalami 'musim dingin vulkanik', yang merupakan periode dingin yang tidak normal, yang dapat mengakibatkan kelaparan yang meluas dan gangguan populasi.

Dalam studinya, tim peneliti melakukan penelitian terhadap sisa magma yang tertinggal setelah letusan super Toba 75.000 tahun yang lalu.

Dengan menggunakan data geokronologis, inferensi statistik, dan pemodelan termal, peneliti menunjukkan bahwa magma terus mengalir keluar dari dalam kaldera selama 5000 hingga 13.000 tahun setelah letusan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.