Kompas.com - 20/09/2021, 19:45 WIB


KOMPAS.com - Sekawanan lebah telah membunuh puluhan penguin Afrika yang terancam punah di sebuah pantai di Arfrika Selatan.

Yayasan Konservasi Burung Pesisir Afrika Selatan melaporkan bahwa ada 63 penguin Afrika yang mati karena disengat sekawanan lebah di sebuah pantai di luar Cape Town, Minggu (19/9/2021).

"Setelah tes, kami menemukan sengatan lebah di sekitar mata penguin," kata David Roberts, dokter hewan klinis dari yayasan tersebut.

Menurut Roberts, penguin-penguin Afrika mati disengat lebah, peristiwa tersebut merupakan hal yang sangat jarang terjadi.

"Kami tidak berharap itu sering terjadi, ini kebetulan. Ada juga lebah yang mati di tempat kejadian," kata dia dikutip Phys dari AFP, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Gara-gara Perubahan Iklim, Penguin Kaisar Terancam Punah Tahun 2100

 

Burung-burung yang dilindungi ini, ditemukan mati pada Jumat. Penguin-penguin yang mati tersebut berasal dari sebuah koloni di Simonstown, sebuah kota kecil di dekat Cape Town.

Kawasan ini merupakan taman nasional dan kawasan lebah madu Cape yang merupakan bagian dari ekosistem.

"Penguin, tidak boleh mati begitu saja, karena sudah terancam punah. Mereka adalah spesies yang dilindungi," jelas Roberts.

Untuk menyelidiki penyebab kematian penguin-penguin Afrika terancam punah ini, bangkai burung ini pun dibawa ke yayasan untuk diteliti.

Menurut Taman Nasional Afrika Selatan, tidak ada luka fisik eksternal yang ditemukan pada salah satu burung.

Baca juga: Dampak Pandemi Covid-19, Penguin Khas Selandia Baru Terancam Punah

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.