Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 3 Hari, Kru Inspiration4 Kembali ke Bumi dengan Selamat

Kompas.com - 21/09/2021, 12:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Empat anggota kru Inspiration4 kembali ke Bumi dengan selamat setelah melakukan perjalanan luar angkasa bersejarah selama tiga hari.

Misi itu adalah penerbangan luar angkasa pertama di dunia yang mengorbit tanpa satu pun astronot profesional di dalamnya.

Keempat kru itu adalah asisten dokter Hayley Arceneaux, insinyur data Christopher Sembroski, profesor geologi Dr Sian Proctor, dan pengusaha miliarder yang mendanai perjalanan tersebut, Jared Isaacman.

Mereka meluncur menggunakan SpaceX Crew Dragon Capsule di lepas pantai Florida pada Sabtu, (18/9/2021) pukul 19.00 waktu setempat.

Baca juga: Lewat Misi Inspiration 4, SpaceX Kirim 4 Warga Sipil ke Luar Angkasa

"Misi ini menunjukkan kepada dunia bahwa luar angkasa adalah untuk kita semua," kata SpaceX Mission Control melalui radio ketika pesawat ruang angkasa itu masuk ke Bumi seperti dilansir IFL Science, Senin (20/9/2021).

Dalam perjalanan ini, para kru membawa misi amal untuk mengumpulkan uang dan kesadaran yang akan diberikan ke Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Selain amal, para kru juga menghabiskan waktu untuk melakukan eksperimen medis dan merekam data kesehatan tentang diri mereka sendiri.

Karena mereka belum menjalani pelatihan ketat yang dilakukan astronot profesional, mungkin ada beberapa wawasan menarik tentang efek perjalanan singkat ke luar angkasa pada tubuh mereka.

Misi Inspiration4 telah berhasil mengumpulkan dana yang melampaui target 200 juta dollar AS (setara Rp 2,8 triliun) untuk RS St. Judes, sebuah fasilitas perawatan dan penelitian pediatrik yang secara khusus berfokus pada leukemia anak-anak dan kanker lainnya.

Isaacman menyumbangkan 100 juta dollar AS (Rp 1,4 triliun) dan pemilik SpaceX Elon Musk menyumbangkan 50 juta dollar AS (sekitar Rp 712 miliar), yang membuat pengumpulan dana dengan cepat melebihi target.

Arceneaux, salah satu kru Inspiration4, sebenarnya dirawat di sana karena kanker tulang saat kecil dan sekarang menjadi asisten dokter di sana.

"Saya adalah seorang gadis kecil yang menjalani perawatan kanker seperti kebanyakan dari Anda, dan jika saya dapat melakukan ini, Anda juga dapat melakukannya," kata Arceneaux kepada pasien di St. Jude dari luar angkasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com