Kompas.com - 21/09/2021, 12:02 WIB
Parasut Crew Dragon SpaceX yang membawa kru Inspiration4. Misi Inspiration4 adalah sejarah bagi perjalanan luar angkasa, karena untuk pertama kalinya kru merupakan warga sipil yang tidak memiliki latar belakang astronot. SpaceXParasut Crew Dragon SpaceX yang membawa kru Inspiration4. Misi Inspiration4 adalah sejarah bagi perjalanan luar angkasa, karena untuk pertama kalinya kru merupakan warga sipil yang tidak memiliki latar belakang astronot.

KOMPAS.com - Empat anggota kru Inspiration4 kembali ke Bumi dengan selamat setelah melakukan perjalanan luar angkasa bersejarah selama tiga hari.

Misi itu adalah penerbangan luar angkasa pertama di dunia yang mengorbit tanpa satu pun astronot profesional di dalamnya.

Keempat kru itu adalah asisten dokter Hayley Arceneaux, insinyur data Christopher Sembroski, profesor geologi Dr Sian Proctor, dan pengusaha miliarder yang mendanai perjalanan tersebut, Jared Isaacman.

Mereka meluncur menggunakan SpaceX Crew Dragon Capsule di lepas pantai Florida pada Sabtu, (18/9/2021) pukul 19.00 waktu setempat.

Baca juga: Lewat Misi Inspiration 4, SpaceX Kirim 4 Warga Sipil ke Luar Angkasa

"Misi ini menunjukkan kepada dunia bahwa luar angkasa adalah untuk kita semua," kata SpaceX Mission Control melalui radio ketika pesawat ruang angkasa itu masuk ke Bumi seperti dilansir IFL Science, Senin (20/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam perjalanan ini, para kru membawa misi amal untuk mengumpulkan uang dan kesadaran yang akan diberikan ke Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Selain amal, para kru juga menghabiskan waktu untuk melakukan eksperimen medis dan merekam data kesehatan tentang diri mereka sendiri.

Karena mereka belum menjalani pelatihan ketat yang dilakukan astronot profesional, mungkin ada beberapa wawasan menarik tentang efek perjalanan singkat ke luar angkasa pada tubuh mereka.

Misi Inspiration4 telah berhasil mengumpulkan dana yang melampaui target 200 juta dollar AS (setara Rp 2,8 triliun) untuk RS St. Judes, sebuah fasilitas perawatan dan penelitian pediatrik yang secara khusus berfokus pada leukemia anak-anak dan kanker lainnya.

Isaacman menyumbangkan 100 juta dollar AS (Rp 1,4 triliun) dan pemilik SpaceX Elon Musk menyumbangkan 50 juta dollar AS (sekitar Rp 712 miliar), yang membuat pengumpulan dana dengan cepat melebihi target.

Arceneaux, salah satu kru Inspiration4, sebenarnya dirawat di sana karena kanker tulang saat kecil dan sekarang menjadi asisten dokter di sana.

"Saya adalah seorang gadis kecil yang menjalani perawatan kanker seperti kebanyakan dari Anda, dan jika saya dapat melakukan ini, Anda juga dapat melakukannya," kata Arceneaux kepada pasien di St. Jude dari luar angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.