[POPULER SAINS] Kondisi Covid-19 Negara Tetangga | Dunia Kecam Pembantaian Ribuan Lumba-lumba di Kepulauan Faroe

Kompas.com - 21/09/2021, 08:00 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Senin (20/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021) pagi. Kondisi Covid-19 di negara tetangga yang kasusnya melonjak hingga tradisi perburuan lumba-lumba di Kepulauan Faroe yang dikecam dunia karena ribuan lumba-lumba sisik putih mati. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Senin (20/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021) pagi. Kondisi Covid-19 di negara tetangga yang kasusnya melonjak hingga tradisi perburuan lumba-lumba di Kepulauan Faroe yang dikecam dunia karena ribuan lumba-lumba sisik putih mati.

KOMPAS.com - Kondisi Covid-19 negara tetangga kita menjadi salah satu berita populer di Kanal Sains sepanjang Senin (20/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021) pagi.

Singapura, Malaysia, dan Australia saat ini mengalami lonjakan kasus Covid-19 karena varian Delta.

Masih soal Covid-19, studi terbaru mengatakan bahwa alergi terhadap vaksin Covid-19 berbasis mRNA jarang ditemukan. Kebanyakan efek samping vaksin mRNA cenderung ringan dan biasanya dapat diobati.

Kabar tak menyenangkan datang dari Kepulauan Faroe yang ada di Samudra Atlantik Utara lantaran pemburu di sana membantai lebih dari 1.400 lumba-lumba bersisik putih. Aksi ini terang saja memicu protes dunia.

Masih soal binatang, peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama sejumlah peneliti lain menemukan jenis katak baru di Belitung dan Lampung. Katak kecil bermulut sempit ini dinamai Kerajaan yang pernah berjaya di Sumatra, yakni Sriwijaya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Senin (20/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021) pagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi Covid-19 negara tetangga

Penyebaran virus corona di dunia masih terus bertambah dari hari ke hari. Sejumlah negara mengumumkan lonjakan kasus baru Covid-19, seperti Singapura, Malaysia, dan Australia.

Singapura dilaporkan sedang menghadapi gelombang baru pandemi Covid-19. Gelombang keenam yang dimulai sejak 23 Agustus lalu sejauh ini telah menginfeksi lebih dari 8.000 warga "Negeri Singa”.

Negeri jiran Malaysia telah menjadi hotspot virus corona dengan kematian terbanyak keenam pekan lalu, meski secara keseluruhan Malaysia berada di urutan ke-21 karena kematian dunia menurun 5 persen dan kasus harian menurun 9 persen.

Berdasar data Worldmeters hingga Senin (20/9/2021) siang, jumlah kasus di Australia adalah 87.134 kasus dan total kematian ada 1.167 jiwa.

Hampir setengah dari 25 juta penduduk Australia harus lockdown karena penyebaran varian Delta yang sangat cepat di Sydney dan Melbourne.

Sejak pertengahan Juni, ketika infeksi varian Delta pertama kali terdeteksi di Sydney, jumlah kasus yang dilaporkan di Australia sudah bertambah menjadi 56.000 kasus.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.