Kompas.com - 21/09/2021, 12:32 WIB
Ilustrasi nelayan KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOIlustrasi nelayan
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Secara umum, angin dapat dibagi menjadi angin lokal dan angin musim. Angin lokal terbagi lagi menjadi tiga macam, yakni angin darat dan angin laut, angin gunung dan angin lembah, serta angin ribut.

Angin darat biasanya dimanfaatkan oleh para nelayan untuk berangkat mencari ikan di laut, sedangkan angin yang membantu nelayan pulang dari melaut adalah angin laut.

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut adalah penjelasan mengenai angin darat dan angin laut.

Apa itu angin darat dan angin laut?

Angin darat dan angin laut terjadi akibat adanya perbedaan sifat antara daratan dan lautan dalam menyerap serta melepaskan energi Matahari.

Dibandingkan lautan, daratan mampu menyerap dan melepas energi Matahari dengan lebih cepat.

Baca juga: Apa Itu Angin Khamsin?

Angin darat terjadi ketika pada malam hari energi panas yang diserap permukaan Bumi sepanjang hari akan dilepaskan dngan lebih cepat oleh daratan (udara dingin).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, di lautan energi panas sedang dalam proses dilepaskan ke udara. Gerakan konvektif tersebut mengakibatkan udara dingin dari daratan bergerak menggantikan udara yang naik di laut sehingga terjadilah aliran udara dari darat ke laut.

Dimanfaatkan untuk membantu nelayan pergi mencari ikan, angin darat biasanya terjadi pada malam dan dini hari.

Berbeda dengan angin darat, angin laut terjadi ketika pada pagi hingga menjelang sore hari daratan menyerap energi panas lebih cepat dari lautan sehingga suhu udara di darat lebih panas dibandingkan di laut.

Baca juga: Dari Mana Asal Angin dan Bagaimana Angin Bertiup?

Akibatnya, udara panas di daratan akan naik dan digantikan udara dingin dari lautan. Dengan demikian, terjadilah aliran udara dari laut ke darat.

Angin laut terjadi pada sore dan malam hari dan banyak dimanfaatkan oleh para nelayan untuk membantu mereka pulang ke daratan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.