Kompas.com - 17/09/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi menimbang Pablo_KIlustrasi menimbang

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan pada usia berapa pun adalah sebuah tantangan. Tetapi, menurunkan berat badan di usia 30-an terasa sangat sulit.

Rencana penurunan berat badan untuk orang berusia di atas 30 tahun dapat menghabiskan banyak waktu dan energi.

Apalagi, di usia ini biasanya lebih sulit memiliki waktu ekstra untuk diri sendiri, karena keluarga dan karier menjadi prioritas utama. Sementara, pola makan semakin tak sehat.

Baca juga: 4 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Meski demikian, melansir Very Well Fit, ada beberapa cara yangefektif dilakukan untuk menurunkan berat badan di usia 30 tahun.

1. Identifikasi Hambatan dan Temukan Solusi

Setiap orang menghadapi beberapa hambatan selama proses penurunan berat badan, tetapi ketika Anda berusia 30-an, tantangannya mungkin terkait dengan waktu.

Kurangnya waktu karena pekerjaan dan kewajiban mengurus keluarga, kemungkinan akan menghalangi upaya Anda menurunkan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencapai target menurunkan berat badan, Anda perlu tahu apa yang Anda hadapi. Hampir semua hambatan—termasuk kurangnya waktu— sebenarnya dapat diatasi. Coba tuliskan apa saja yang menjadi hambatan Anda, misalnya sulit memiliki waktu khusus untuk berolahraga

Penting pada awal proses menurunkan berat badan, Anda meluangkan waktu lebih dulu untuk mengidentifikasi semua hal yang mungkin menjadi hambatan. Tuliskan di kertas untuk memudahkan Anda, misalnya sulit memiliki waktu khusus untuk berolahraga atau sulit menyiapkan makanan sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Langkah sederhana ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda dari kemunduran nantinya.

Setelah Anda mengidentifikasi hambatan, akan menjadi lebih mudah untuk mengatasinya. Jika kekurangan waktu menjadi masalah, cobalah bantuan pasangan atau anggota keluarga lain untuk membantu mengasuh anak Anda, sehingga Anda memiliki waktu cukup untuk berolahraga dan menyiapkan makanan sehat.

2. Kekuatan Otot dan Metabolisme

Metabolisme tubuh di usia 30 tahun mulai menurun. Jika Anda ingin menjaga metabolisme yang sehat untuk menurunkan berat badan di usia 30-an, Anda perlu menjaga otot.

Ariane Hundt, Ahli Gizi dan Kebugaran dari Slim & Strong di New York City mengatakan, bahwa wanita berusia 30-an harus sangat berhati-hati dalam membangun dan menjaga massa otot untuk mendukung metabolisme yang sehat

"Wanita mulai kehilangan otot di usia 30-an. Kecuali otot itu ditantang dan dipelihara dengan latihan teratur, kehilangan otot akan dapat memperlambat metabolisme," kata Hundt.

Hundt merekomendasikan untuk rutin melakukan latihan kekuatan otot. Jika Anda tidak bisa pergi ke gym, lakukan latihan kekuatan otot sederhana yang bisa dilakukan di rumah, seperti squat dan sit up.

Meski sesi latihan singkat, asalkan dilakukan dengan intens, maka akan membantu Anda membakar lebih banyak lemak.

Baca juga: Jangan Abaikan, 7 Tanda Anda Harus Menurunkan Berat Badan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.