Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Suplemen Pembakar Lemak Efektif Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 10/08/2021, 20:45 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Demi menurunkan berat badan, berbagai hal dilakukan. Tak heran banyak produk suplemen penurun berat badan yang beredar di pasaran, termasuk suplemen pembakar lemak.

Namun sebenarnya, apakah suplemen pembakar lemak ini benar-benar bekerja dan aman dikonsumsi?

Ahli diet terdaftar Melissa Matteo, RD memperingatkan untuk berhati-hati mengonsumsi suplemen pembakar lemak.

Ia menjelaskan, suplemen pembakar lemak adalah suplemen makanan yang mungkin mengandung senyawa alami atau buatan.

Baca juga: Ahli Jelaskan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah dalam 30 Detik

Produk pembakar lemak umumnya mengklaim dapat membantu orang menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kencang.

Terlepas dari namanya, menurut Matteo, suplemen pembakar lemak tidak benar-benar membuat sel-sel lemak terbakar. Sebaliknya, suplemen ini justru mencoba untuk mendorong penurunan berat badan dengan cara lain.

Cara kerja suplemen pembakar lemak kemungkinan dengan meningkatkan metabolisme Anda, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, mengurangi jumlah lemak yang diserap usus dan menekan nafsu makan Anda, sehingga Anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

“Setidaknya, begitulah cara mereka bekerja secara teori. Beberapa bahan yang ditemukan dalam suplemen pembakar lemak telah dikaitkan dengan sejumlah kecil penurunan berat badan. Tetapi, perlu diingat, sebagian besar suplemen ini belum diuji dalam studi ilmiah,” jelas Matteo.

Lebih penting lagi, pembakar lemak tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA) AS. Itu berarti, produsen dapat membuat segala macam klaim tentang produk mereka, bahkan jika mereka tidak memiliki bukti untuk mendukungnya.

“Karena FDA tidak mengaturnya, sehingga kita tidak benar-benar tahu keefektifannya,” ujar Matteo memperingatkan.

Bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen pembakar lemak

Ada puluhan bahan dalam suplemen penurun berat badan, termasuk bahan herbal dan senyawa lainnya. Beberapa bahan yang umum terkandung di suplemen pembakar lemak adalah:

1. Kafein

Kafein merangsang sistem saraf dan mungkin membantu membakar kalori. Tetapi, suplemen dapat mengandung lebih banyak kafein daripada kopi, teh, cokelat, atau sumber alami lainnya.

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kegugupan, kegelisahan, insomnia — dan bahkan detak jantung yang sangat tinggi.

2. Ekstrak teh hijau

Banyak pembakar lemak mengandung ekstrak yang terbuat dari teh hijau. Bahan ini dapat membantu membakar kalori dan dapat mengurangi jumlah lemak yang Anda serap dari makanan.

“Tetapi jumlah penurunan berat badan tidak terlalu signifikan. Anda mungkin akan membakar lebih banyak kalori dengan jalan cepat setiap hari,” kata Matteo.

Baca juga: CDC: 7 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dan Mempertahankannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com