Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Efeknya jika Tak Sengaja Makan Makanan Berjamur?

Kompas.com - 10/08/2021, 19:45 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah mengalaminya, menggingit roti tawar yang ternyata telah berjamur atau makan buah yang ternyata busuk di bagian dalamnya.

Jika Anda menemukan jamur di makanan, meski itu hanya sedikit, jangan berpikir untuk membuang bagian berjamur dan lanjut memakan bagian yang tidak berjamur, karena bisa berbahaya untuk kesehatan Anda.

Ahli diet terdaftar Lillian Craggs-Dino, DHA, RDN, LDN mengatakan, meski beberapa makanan dimaksudkan untuk berjamur dan aman dimakan, seperti keju, jamur yang ditemukan pada makanan basi sangat berbeda.

Baca juga: Jamur Enoki Dikaitkan dengan Wabah Listeria, Penyakit Apa Itu?

“Yang kita bicarakan adalah jamur yang ada di udara yang mungkin menyebar dari lingkungan ke makanan, atau hanya karena usia produk atau penyimpanan yang buruk,” kata dr. Craggs-Dino.

Jamur jahat ini bisa tumbuh pada berbagai macam makanan, termasuk buah-buahan dan sayuran, roti, daging, selai, saus, dan bumbu. Bahkan juga dapat tumbuh pada produk susu seperti yoghurt dan keju.

“Jamur pada makanan adalah jamur mikroskopis. Dan apa yang kita lihat tumbuh pada buah-buahan, sayuran, dan jeli adalah spora,” ujarnya.

Spora di udara ini beredar di lingkungan, kemudian mencari tempat pendaratan yang ramah. Setelah spora menemukan inang makanan yang cocok, mereka akan mulai tumbuh.

Tanda-tanda jamur termasuk bintik-bintik putih, bercak berwarna yang tidak biasa, atau makanan menjadi lebih lembut dari biasanya atau berbau tidak sedap.

Sayangnya, tidak ada cara untuk mengetahui secara langsung apakah jamur itu aman atau berbahaya. Anda tidak tahu jamur apa yang sebenarnya Anda makan.

“Beberapa jamur sebenarnya bisa sangat, sangat beracun bagi manusia. Mereka juga dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah pernapasan,” jelas Dr. Craggs-Dino

Dr. Craggs-Dino menambahkan, bahwa beberapa jamur juga dapat membuat zat berbahaya yang disebut racun – termasuk aflatoksin, yang bisa sangat beracun.

“Itu sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang, bahkan benar-benar dapat menyebabkan kematian.”

Baca juga: Mengapa Ada Jamur yang Beracun dan yang Tidak?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com