Kompas.com - 03/03/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan katiko-dpIlustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Banyak cara diet dan suplemen yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat.

Sayangnya, sebagian besar tak memiliki bukti ilmiah dan tak direkomendasikan oleh para ahli, karena justru bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) membuat daftar pedoman sederhana yang efektif untuk Anda ikuti, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

"Kiat-kiat berikut adalah beberapa karakteristik umum di antara orang-orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan itu dari waktu ke waktu," kata CDC, merujuk data dari National Weight Control Registry.

Baca juga: Selain Berat Badan, Ini Parameter Lain yang Menentukan Sukses Tidaknya Penurunan Berat Badan

Berikut ini tujuh cara paling pasti untuk menurunkan berat badan Anda, menurut para ahli di CDC.

1. Jangan melewatkan sarapan

"Makan sarapan adalah kebiasaan umum di antara orang-orang yang mengalami penurunan berat badan dan mempertahankannya," kata CDC.

"Makan sarapan yang sehat dapat membantu Anda menghindari rasa terlalu lapar dan kemudian makan berlebihan di waktu makan selanjutnya."

2. Bersikap realistis, tetapi kurangi asupan kalori

"Anda telah memulai gaya hidup yang lebih sehat, sekarang tantangannya adalah mempertahankan kebiasaan makan positif yang telah Anda kembangkan selama ini," kata CDC.

"Dalam penelitian tentang orang yang telah menurunkan berat badan dan mempertahankannya setidaknya selama satu tahun, sebagian besar terus makan makanan yang lebih rendah kalori dibandingkan dengan diet sebelum penurunan berat badan."

Organisasi tersebut merujuk pada studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, yang melacak pengelolaan berat badan jangka panjang pada orang-orang yang berhasil mempertahankan berat badan selama satu hingga lima tahun.

3. Makan secara konsisten

"Ikuti pola makan yang sehat terlepas dari perubahan dalam rutinitas Anda," kata CDC.

"Buat rencana makan sehari sebelumnya untuk akhir pekan, liburan, dan acara-acara khusus. Dengan membuat rencana, kemungkinan besar Anda akan tetap mengonsumsi makanan sehat, meski rutinitas berubah."

Baca juga: Fad Diet, Cepat Menurunkan Berat Badan, tapi Sulit Dipertahankan

Halaman:


Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X