Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Kembali Naik

Kompas.com - 05/08/2021, 21:21 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Tak pernah ada kata mudah dalam proses menurunkan berat badan. Karena itu, ketika jarum di timbangan bergeser ke kiri, Anda tentu merasa senang dan puas usaha keras serta pengorbanan yang telah dilakukan menunjukkan hasil.

Sayangnya, tak butuh waktu lama, berat badan kembali merayap naik ke angka semula, bahkan lebih banyak.

Sebelum Anda menyalahkan diri sendiri, ahli endokrinologi dan spesialis obesitas Marcio Griebeler, MD, dari Cleveland Clinic mengatakan, bahwa hal itu kemungkinan bukan salah Anda.

Baca juga: Ahli Nutrisi Ungkap Makanan yang Harus Dihindari Saat Menurunkan Berat Badan

"Kembalinya berat badan Anda, itu karena tubuh Anda berjuang untuk menjaga berat badan Anda seperti sebelum diet," katanya.

Para ahli berpikir, mengapa sebanyak 80 hingga 95% pelaku diet mendapatkan kembali berat badan yang telah mereka upayakan dengan susah payah untuk diturunkan.

Dr. Griebeler mengatakan, pelakunya adalah "titik setel berat badan" - berat badan yang diprogram oleh tubuh Anda. Titik setel berat badan ini adalah kombinasi dari beberapa faktor, termasuk genetika, hormone, perilaku, dan lingkungan.

Titik setel berat badan dan metabolisme adalah rekan satu tim, di mana metabolisme tubuh Anda akan membakar energi pada tingkat yang akan mempertahankan titik setel berat badan, bahkan jika titik setel itu berada di angka yang tidak sehat.

“Umumnya, penambahan berat badan terjadi secara bertahap, dan itu akan meningkatkan titik setel Anda secara bertahap juga. Tetapi jangan khawatir, perubahan gaya hidup tertentu masih dapat menurunkannya," jelas dr Griebeler.

Waspadai bahaya diet yoyo

Dr Griebeler memperingatkan, yang harus diwaspadai adalah penurunan berat badan secara cepat. Metode diet seperti ini tidak akan mengubah titik setel Anda, itu hanya membatasi kalori yang masuk.

“Tubuh Anda sangat efisien. Anda memang dapat berhasil menurunkan berat badan untuk sementara waktu, tetapi pada titik tertentu, tubuh Anda dengan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan kalori yang lebih sedikit untuk berfungsi,” jelasnya.

Itu berarti, penurunan berat badan pada akhirnya akan berhenti, kecuali jika Anda mulai makan lebih sedikit dari yang disarankan oleh diet yang Anda terapkan.

Baca juga: 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bantu Turunkan Berat Badan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com