Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efektivitas Masker Tergantung Jumlah Virus Corona, Benarkah? Ini Penjelasan Epidemiolog

Kompas.com - 05/08/2021, 19:27 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.om - Sebuah studi mengungkap, efektivitas masker dalam mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19 tergantung pada banyaknya virus yang melayang di udara.

Seperti yang telah kita ketahui, penularan melalui udara merupakan salah satu jalur utama penularan virus SARS-CoV-2.

Studi yang diterbitkan di Science Magazine ini menyebutkan, bahwa selama pandemi ini memakai masker telah dianjurkan untuk mengendalikan sumber, mengurangi emisi, dan peyebaran virus pernapasan melalui tetesan dan aerosol di udara, serta untuk melindungi pemakai masker dari menghirup virus yang melayang di udara.

Baca juga: CDC Sebut Varian Delta Menular Secepat Cacar Air, Ahli: Tetap Pakai Masker Sampai Pandemi Usai

Namun, menurut peneliti, risiko terpapar virus berubah tergantung dari jumlah partikel virus corona. Misalnya, ketika berada di dalam ruangan tertutup risiko, sulit untuk menghindari menghirup udara yang telah diembuskan orang lain.

Begitu juga dalam situasi di rumah sakit, di mana konsentrasi virus paling tinggi, maka memakai masker denga performa terbaik tanpa alat pelindung diri, kemungkinan tak akan mampu memberikan perlindungan maksimal dari virus corona.

Lalu, benarkah memakai masker tak efektif melindungi diri dari virus corona?

Menjawab hal tersebut, epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, sejak awal tidak ada faktor tunggal yang bisa menjadi solusi untuk menghentikan pandemi Covid-19.

“Memang yang harus dilakukan adalah strategi kombinasi. Enggak bisa kan hanya pakai masker. Bahkan, sekarang kita juga harus memakai masker dobel. Masker medis di dalam, masker kain di luar,” kata Dicky kepada Kompas.com, Kamis (8/5/2021).

Memakai masker dobel juga ditegaskan Dicky bukan jaminan 100 persen akan terhindar dari paparan virus corona. Karena, ada banyak faktor yang memengaruhinya.

Baca juga: Makan di Tempat 20 Menit, Ahli: Virus Corona Mengincar Orang Tanpa Masker

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com