Kompas.com - 05/08/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi jerapah, hipotesa evolusi Darwin tentang spesies hewan dapat menghasilkan subspesies. SHUTTERSTOCKIlustrasi jerapah, hipotesa evolusi Darwin tentang spesies hewan dapat menghasilkan subspesies.

KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu mengenai perilaku sosial jerapah, meski para peneliti sudah mempelajari hewan berleher panjang ini sejak lama.

Jerapah selama ini dianggap sebagai penyendiri. Sebuah tinjauan tahun 1991 menggambarkan hewan tersebut tak membentuk ikatan dengan sesamanya.

Meski diketahui berkeliaran dalam kawanan, jerapah akan terus mengubah anggota kawanan mereka.

Hal itu yang membuat peneliti percaya, bahwa mereka tak membentuk ikatan sosial yang kuat selain antara ibu dan anak.

Baca juga: Fosil Hewan dari Badak hingga Nenek Moyang Jerapah Ditemukan di Situs Kuno Spanyol

Namun ternyata anggapan itu kurang tepat. Berkat teknologi serta metode baru untuk menganalisi data, peneliti dapat mengungkap perilaku sosial jerapah yang sebenarnya.

Mengutip Science Alert, Kamis (5/8/2021) Zoe Muller, ahli etologi Universitas Bristol menggunakan kamera digital dan meninjau lebih dari 400 penelitian untuk memahami sifat sosial jerapah.

Ia bersama rekannya menemukan bukti, bahwa jerapah rupanya bergaul erat dalam kelompok kecil yang terdiri dari tiga hingga sembilan jerapah lain.

Beberapa yang telah diamati, hubungan dalam kelompok itu bisa berlangsung cukup lama mulai dari enam tahun hingga 15 tahun.

Menariknya, kelompok-kelompok ini dapat terdiri dari tiga generasi yang terkait, di mana jerapah dewasa membantu merawat anak jerapah lain dan bahkan terlihat berduka atas kematian bayi individu lain.

Peneliti juga menemukan jika jerapah memiliki hubungan sosial matrilineal.

"Studi ini mengumpulkan semua bukti yang menunjukkan bahwa jerapah sebenarnya adalah spesies sosial yang sangat kompleks dengan sistem sosial rumit seperti gajah, cetacea, dan simpanse," jelas Muller.