Kompas.com - 04/08/2021, 21:17 WIB

KOMPAS.com - Covid-19 adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan, dan paru adalah salah satu organ tubuh yang terdampak akibat infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Ketika virus SARS-CoV-2 masuk ke dalam tubuh seseorang, virus itu akan menempel pada membran mukosa di hidung, mulut, dan mata. 

Virus ini akan masuk ke dalam tubuh dan menggunakannya sebagai media untuk bereplikasi.

Baca juga: Sering Terasa Sesak, Begini Kondisi Paru-Paru Ketika Terkena Covid-19

Setelah virus bereplikasi, virus baru akan menginfeksi sel lainnya dan proses ini terus berulang hingga mengenai saluran pernapasa bawah. 

Ini akan menyebabkan lapisan dalam saluran pernapasan mengalami iritasi dan inflamasi (peradangan).

Dalam beberapa kondisi, terutama pada pasien dengan gejala ringan hingga sedang, biasanya mereka bisa merasakan batuk kering dan sakit tenggorokan. 

Sementara, beberapa orang juga mengalami pneumonia, yaitu infeksi paru yang menyebabkan alveoli terinflamasi.

Lantas, dengan pengaruh besar Covid-19 terhadap organ paru, bagaimana mengembalikan kesehatan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19?

Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan RS Pondok Indah, Puri Indah, dr Astri Indah Prameswari SpP mengatakan, kondisi paru pada pasien yang sembuh dari Covid-19 tentunya berbeda satu dengan yang lain.

Menurut Astri, hal ini bergantung pada kondisi pasien ketika terinfeksi Covid-19, pasien masuk ke dalam kriteria sakit yang bagaimana.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.