Kompas.com - 04/08/2021, 20:31 WIB
Tempat wisata di Peru - Machu Picchu. SHUTTERSTOCK / Milos Jovanovic PhotoTempat wisata di Peru - Machu Picchu.


KOMPAS.com - Machu Picchu merupakan salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia yang berada di puncak gunung di Peru Selatan. Sebuah studi baru, mengungkapkan bahwa situs kuno ini dibangun beberapa dekade lebih awal.

Selama ini, catatan sejarah yang ditulis orang Spanyol pada periode setelah penaklukan Machu Picchu menyebut, jika situs kuno itu disebut dibangun antara 1440 dan 1450.

Namun dalam sebuah studi baru, peneliti mengungkap kalau Machu Picchu ternyata dibangun dan dihuni beberapa dekade lebih awal dari yang diyakini sebelumnya.

Hasil tersebut terungkap berdasarkan penanggalan radiokarbon baru dari sisa-sisa manusia yang ditemukan di situs arkeologi.

"Machu Picchu adalah situs arkeologi paling terkenal di dunia, tetapi perkiraan dan lama pendudukannya didasarkan pada catatan sejarah kontradiktif yang ditulis oleh Spanyol," ungkap Richard Burger, arkeolog dan antropolog dari Universitas Yale di Connecticut.

Baca juga: Peneliti Temukan Alasan Machu Picchu Dibangun di Lokasi Ekstrem

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Studi baru tentang waktu dibangunnya situs kuno Machu Picchu ini telah dipublikasikan, Selasa (3/8/2021) di jurnal Antiquity.

Mengutip Live Science, Rabu (4/8/2021) Machu Picchu dibangun di ketinggian hampir 2.430 meter di punggung pegunungan Cordillera Timur Peru.

Situs kuno tersebut ditinggalkan pada tahun 1530-an setelah invasi Spanyol dan kemudian menjadi populer dan dikenal sebagai 'Kota Inca yang Hilang'.

Hiram Bingham dari Universitas Yale memimpin ekspedisi ke situs tersebut pada tahun 1911 dan 1912, dan situs tersebut menjadi terkenal di dunia dalam beberapa dekade berikutnya sebagai ikon peradaban Inca.

Dalam studi baru ini menjelaskan bahwa saat itu para arkeolog berpikir Machu Picchu dibangun sebagai perkebunan untuk kaisar Pachacuti, seorang penguasa turun temurun yang lahir di Cuzco, ibu kota Inca yang sekarang disebut Peru tenggara.

Baca juga: Lockdown 8 Bulan, Situs Machu Picchu Dibuka dengan Ritual Kuno

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.