Kompas.com - 04/08/2021, 20:01 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/ker_viiIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Sejak beberapa waktu lalu, beredar kabar bahwa virus corona penyebab Covid-19 dapat masuk dalam DNA (deoxyribonucleic acid) - salah satu jenis asam nukleat yang memiliki kemampuan pewarisan sifat.

Peneliti University of Queensland membantah klaim yang menyebutkan, bahwa Covid-19 dapat memasuki DNA seseorang.

Para peneliti dari UQ's Queensland Brain Institute mengatakan, klaim tersebut telah menyebabkan ketakutan dan membuat orang ragu untuk divaksinasi.

Baca juga: Apa Itu DNA dan Fungsinya Untuk Tubuh

Ahli biologi komputasi dan molekuler Profesor Geoff Faulkner mengatakan, penelitian yang telah dilakukan oleh timnya dan telah diterbitkan dalam Cell Reports menunjukkan, tidak ada bukti Covid-19 atau vaksin Pfizer, vaksin AstraZeneca, atau vaksin lainnya masuk ke dalam DNA.

"Bukti penelitian membantah konsep tersebut. Tampaknya ini digunakan untuk menjadi ‘bahan bakar’ yang memicu keraguan terhadap vaksin," kata Profesor Faulkner.

Profesor Faulkner juga melakukan penelitian untuk menilai temuan yang sekarang tersebar luas, di mana tes Covid-19 yang dilakukan lama setelah pemulihan, menunjukkan hasil positif. Kemudian diudga hal ini disebabkan oleh virus corona yang masuk ke dalam DNA.

"Kami melihat klaim mereka bahwa sel manusia dan mesin mengubah RNA Covid-19 menjadi DNA, yang mana menyebabkan mutasi permanen," jelas Profesor Faulkner.

"Kami menilai, klaim tersebut ada dalam sel yang tumbuh di laboratorium, melakukan sekuensing DNA, dan kami tidak menemukan bukti Covid-19 ada dalam DNA,” lanjutnya.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences ini, dikatakan Profesor Faulkner, bahwa tidak ada kekhawatiran bahwa virus corona atau vaksin Covid-19 dapat masuk ke dalam DNA manusia.