Kompas.com - 04/08/2021, 19:03 WIB
Warga menunjukkan sertifikat vaksin yang sudah dicetak jadi kartu di Lebak, Banten, Rabu (4/8/2021). KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINWarga menunjukkan sertifikat vaksin yang sudah dicetak jadi kartu di Lebak, Banten, Rabu (4/8/2021).


KOMPAS.com - Usulan agar pengunjung pusat perbelanjaan atau mal untuk menunjukkan kartu vaksinasi atau sertifikat telah disuntik vaksin Covid-19 disambut baik banyak pihak.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh Kompas.com, Selasa (27/7/2021), sertifikat vaksin Covid-19 akan menjadi syarat masuk mal bagi para pengunjung.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyambut baik usulan itu.

Sebab, menurutnya, usulan tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal.

Alphonzus mengatakan bahwa dengan secepatnya herd immunity tercapai, diharapkan Indonesia dapat segera keluar dari krisis kesehatan yang sudah berlangsung lebih dari satu setengah tahun.

Lantas, perlukah masuk mal menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sudah Disetujui Kemenkes, Ini Syarat Vaksin Covid-19 untuk Ibu Hamil

 

"Secara umum, seluruh upaya percepatan cakupan vaksinasi harus kita dukung," kata Pakar Kebijakan Kesehatan Universitas Airlangga Ilham Akhsanu Ridlo, menanggapi syarat sertifikat vaksin Covid-19 untuk masuk mal saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Kendati demikian, Ilham mengatakan bahwa yang perlu diperhatikan dalam mendorong upaya ini oleh pemerintah adalah dengan lebih melakukan promosi yang bersifat reward untuk orang yang melakukan vaksinasi Covid-19.

"Bukan lebih mendorong upaya punishment (memberikan hukuman)," kata Ilham.

Artinya, kata Ilham, bahwa syarat usulan sertifikat vaksin Covid-19 untuk syarat masuk mal harus diupayakan oleh pemerintah bukan merupakan hukuman bagi orang yang tidak mau vaksinasi.

Akan tetapi, hal ini bisa menjadi reward atau penghargaan bagi mereka yang sudah vaksinasi Covid-19.

Lebih lanjut Ilham mengatakan bahwa reward terkait penggunaan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat masuk mal ini juga harus didukung oleh berbagai pihak termasuk swasta.

Baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac Disetujui, Apa Syarat Jadi Relawan?

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.