Kompas.com - Diperbarui 08/01/2023, 11:10 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar tentang DNA? Apa sebenernya DNA itu?

Setiap sel di tubuh kita tersusun dari DNA. Apa itu DNA? DNA adalah singkatan dari deoxyribonucleic acid.

DNA merupakan rantai molekul yang berisi materi genetik yang khas pada setiap orang.

Baca juga: DNA Kuno Berusia 1 Juta Tahun Ditemukan di Antartika

Tidak hanya pada manusia, tapi pada semua makhluk hidup memiliki DNA. DNA bisa bermanfaat untuk menunjukkan perbedaan satu organisme dengan organisme lainnya.

Sehingga, DNA sangat penting peranannya dalam ilmu taksonomi untuk mengklasifikasikan organisme tertentu.

Sejarah DNA

DNA pertama kali ditemukan pada tahun 1869 oleh seorang peneliti bernama F. Miescher pada spermatozoa dan sel eritrosit burung.

Pada tahun 1910, Levine menemukan bahwa DNA tersusun atas 5 karbon ribosa, gula deoksiribosa, dan asam fosfat.

Crick dan Watson adalah yang menemukan model molekul DNA pada tahun 1953.

Model Molekul DNA adalah model yang kita kenal sekarang bahwa DNA berbentuk rantai helix beruntai ganda, atau tampak seperti tangga yang melingkar.