Kompas.com - 04/08/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi memakai masker di rumah demi mencegah penularan Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi memakai masker di rumah demi mencegah penularan Covid-19.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih terus berlanjut. Kasus positif akibat infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 juga masih terus bertambah hingga hari ini.

Berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, per data Selasa (3/8/2021) terdapat penambahan 33.900 orang yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. 

Sebagai informasi, data tambahan satgas ini merupakan update per 24 jam sejak (2/8/2021).

Baca juga: Luhut Sebut Kasus Covid-19 Turun 50 Persen, Epidemiolog: Indonesia Baru Masuki Titik Puncak Pandemi

Sehingga, total kasus Covid-19 di Indonesia terhitung sejak Maret 2020 lalu sudah mencapai sebanyak 3.496.700 orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 ini.

Sementara itu,  kasus meninggal dunia juga bertambah 1.589 orang pada hari yang sama, dan total akumulatifnya di Indonesia mencapai 98.889 orang yang meninggal dunia akibat infeksi Covid-19 ini.

Meski demikian, kasus pasien sembuh dari Covid-19 di Indonesia juga bertambah sebanyak 31.324 orang dalam 24 jam terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, totalnya menjadi 2.873.669 pasien yang berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19 di Indonesia.

Kendati banyak pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19, mereka yang pernah terinfeksi masih dihantui oleh gejala lanjutan pasca Covid-19 atau long Covid.

Selain itu, jika tidak bisa menjaga diri dengan optimal, bukan tidak mungkin pasien yang telah sembuh bisa terinfeksi kembali (reinfeksi) Covid-19 di kemudian hari.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Dias Septalia Ismaniar SpPD mengatakan, meskipun telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dengan hasil negatif tes PCR, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasien. 

Berikut ini enam hal yang harus diperhatikan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

1. Latihan pernapasan

Seperti diketahui, pada pasien yang terinfeksi Covid-19, gangguan pernapasan cenderung banyak dialami dan dikeluhkan oleh pasien, baik yang sedang isolasi mandiri dan yang melakukan perawatan di rumah sakit.

Dias mengatakan, jika selesai isolasi mandiri, keluhan pernapasan masih dominan dirasakan, maka latihan pernapasan menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh pasien.

"Latihan pernapasan seperti yoga atau meditasi bisa," kata Dias kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

2. Olahraga ringan

Kiat berikutnya yang perlu dilakukan oleh pasien setelah sembuh dari Covid-19 adalah melakukan olahraga ringan.

"Sebisa mungkin tetap rutin lakukan olahraga ringan," ujarnya.

Olahraga sangat baik dilakukan oleh siapapun, baik orang yang sedang sakit maupun orang sehat.

Tetapi, pastikan kita melakukan olahraga sesuai kemampuan kita, jangan asal mengikuti tren yang di luar batas kemampuan tubuh menoleransi gerakan olahraga tersebut.

3. Ubah pola makan sehat

Setelah dinyatakan sembuh, bukan berarti Anda bebas untuk mengonsumsi apapun secara sembarangan.

"Ubahlah pola makan menjadi lebih sehat," ucap dia.

Makanan sehat dan seimbang akan membantu tubuh tetap bugar dan menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh, untuk melindungi diri kita dari serangan patogenesis asing.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Gejala Brain Fog pada Long Covid Bisa Menurunkan IQ

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.