Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Efek Samping Vaksin Covid-19 Muncul Lagi Setelah Dosis Kedua?

Kompas.com - 04/08/2021, 18:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com – Semua vaksin Covid-19 harus melalui pengujian yang ketat dalam rangkaian uji klinis untuk membuktikan kemanjuran dan keamanannya.

Kolaborasi ilmiah dikerahkan dan telah memungkinkan penelitian, pengembangan, dan otorisasi vaksin Covid-19 dalam waktu singkat.

World Health Organization (WHO) akan terus memantau penggunaan vaksin Covid-19 untuk mengidentifikasi dan merespons setiap masalah keamanan yang dilaporkan.

Ini termasuk efek samping yang mungkin ditimbulkan setelah penyuntikan vaksin Covid-19. Pasalnya, sebagaimana vaksin lainnya, vaksin Covid-19 dapat mengakibatkan efek samping ringan.

Dilansir dari WHO, sebagian besar efek samping vaksin Covid-19 bersifat ringan dan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Baca juga: Sudah Disetujui Kemenkes, Ini Syarat Vaksin Covid-19 untuk Ibu Hamil

Efek samping ringan tersebut termasuk demam, kelelahan, dan nyeri di area kulit yang disuntikkan.

Orang dengan alergi terhadap zat tertentu mungkin mengalami efek samping segera setelah mendapatkan vaksin.

Namun, hal ini sangat terjadi. Sebagai antisipasi, setiap penerima vaksin diminta untuk menunggu di lokasi vaksinasi selama minimal 15 menit agar kondisinya tetap terpantau.

Efek samping vaksin yang lebih serius dan bertahan lama mungkin terjadi namun kasusnya sangat jarang ditemukan.

Dalam kebanyakan kasus, efek samping vaksin Covid-19 dapat diatasi dengan istirahat, mengonsumsi banyak cairan, dan mengonsumsi obat-obatan seperti parasetamol untuk efek samping tertentu.

Dilansir dari kipi.covid19.go.id, beberapa orang dapat mengalami efek samping vaksin Covid-19 yang lebih kuat setelah mendapatkan dosis kedua, namun ada pula yang tidak mengalaminya.

Baca juga: Orang yang Alami Reaksi Alergi pada Dosis Pertama Vaksin mRNA, Terbukti Mampu Menoleransi Dosis Kedua

Semua reaksi ini normal dan jika terjadi, akan hilang dengan sendirnya dalam beberapa hari, sebagaimana reaksi pada dosis pertama.

Jika mengalami efek samping vaksin Covid19, penting untuk tetap tenang dan melaporkan ke petugas kesehatan melalui kontak yang tertera di kartu vaksinasi jika keluhan tak kunjung membaik.

Perlu diingat bahwa perlindungan optimal vaksin dari virus corona baru terbangun dua pekan setelah vaksinasi dosis kedua.

Setelah itu, berdasarkan laporan khusus, masih ada yang terinfeksi Covid-19, meski sangat jarang terjadi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu mRNA pada Vaksin Pfizer dan Moderna

Gejala Covid-19 pada orang yang sudah menerima vaksin pun umumnya ringan, bahkan tidak mengalami gejala.

Oleh sebab itu, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com