Kompas.com - 05/08/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi ibu hamil mengonsumsi mi instan freepikIlustrasi ibu hamil mengonsumsi mi instan

KOMPAS.comMi instan adalah makanan yang mudah diolah serta rasanya enak. Namun, apakah ibu hamil boleh mengonsumsi mi instan?

Mi instan terkenal dengan kandungan garam yang tinggi serta mengandung MSG. Keduanya membuat makanan ini dianggap tidak sehat dan diragukan keamanannya untuk dikonsumsi ibu hamil.

Banyak orang menghindari MSG dalam makanan karena percaya bahwa zat ini bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, dan memicu kanker. Faktanya, MSG telah disetujui aman oleh berbagai lembaga makanan di berbagai negara, seperti Food and Drugs Administration (FDA) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dilansir dari BPOM, MSG digunakan dalam makanan sebagai penambah rasa gurih makanan. MSG merupakan bentuk garam natrium dari glutamat asam amino dan berfungsi sebagai penyedap alami yang mirip dengan glutamat yang terkandung di makanan.

Baca juga: Kandungan Sodium dalam Mi Instan Sangat Tinggi, Kenali Risikonya

Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi mi instan?

Jawabannya boleh. Secara umum, kandungan yang ada di dalam mi instan aman dikonsumsi ibu hamil dan siapapun. Namun memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika mengonsumsi makanan satu itu ketika hamil.

Batasi konsumsi mi instan

Mi instan memang aman untuk dikonsumsi. Namun, mi instan mengandung sodium dan MSG tinggi. Ibu hamil perlu memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi agar tidak mengalami kelebihan kedua kandungan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baik BPOM dan FDA memiliki rekomendasi batasan MSG dan sodium harian. Dilansir dari Healthline, rekomendasi batasan konsumsi saat hamil adalah 2.300 miligram per hari.

Secara umum, batasan kedua zat tersebut tidak berbeda dibandingkan orang yang tidak hamil. Namun, jika ibu hamil mengalami kondisi medis tertentu, dokter mungkin menyarankan untuk mengurangi makanan yang tinggi sodium dan MSG. Contoh kondisi medisnya adalah hipertensi gestasional.

Baca juga: Benarkah Mi Instan Mengandung Lilin?

Variasikan menu makanan

Ketika hamil, kebutuhan nutrisi lebih tinggi dan harus dipenuhi agar tidak mempengaruhi janin yang dikandung. Daripada banyak mengonsumsi mi instan, ibu hamil sebaiknya memvariasikan menu makanannya.

Variasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan janin. Jika bosan dengan menu makanan, cobalah untuk mengganti berbagai jenis protein dan sayuran yang jarang Anda makan.

Perhatikan topping yang digunakan

Ketika memakan mi instan, sebagian orang senang untuk menambahkan beberapa topping agar lebih lezat dan lebih mengenyangkan.

Perhatikan agak bahan tambahan ini dimasak hingga matang. Misalnya telur dan sayuran harus direbus hingga matang. Mengonsumsi makanan setengah matang berbahaya bagi ibu hamil karena bisa meningkatkan risiko infeksi.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan Mengandung Micin?

Hal lainnya adalah sebaiknya pilih topping yang lebih menyehatkan seperti telur, ayam, daging, dan sayur-sayuran. Hindari makanan olahan seperti sosis atau bakso karena bisa meningkatkan konsumsi MSG dan sodium secara drastis.

Sekarang sudah tahu ‘kan apakah ibu hamil boleh mengonsumsi mi instan atau tidak? Semoga sehat selalu, ya.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.