Kompas.com - 06/03/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi MSG ShutterstockIlustrasi MSG

KOMPAS.com - Ibu hamil harus menjaga pola makan yang sehat dan seimbang untuk kesehatan diri dan bayinya. Namun, bagaimana bila ibu hamil sedang "ngidam" makanan dengan micin atau MSG? Bolehkah ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung zat yang sering dinilai kurang baik untuk kesehatan ini?

Melansir dari Healthline, Rabu (25/2/2021); ternyata bagi sebagian besar orang, MSG aman untuk dikonsumsi, baik selama kehamilan maupun di waktu lain.

Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan MSG sebagai "secara umum diakui aman".

Menurut FDA, meskipun ada beberapa bukti anekdotal (testimoni) tentang reaksi merugikan dari MSG, studi penelitian belum dapat memicu respons negatif ini.

Baca juga: MSG hingga Kimchi, Aneka Mitos Makanan Penyebab serta Penyembuh Kanker

Oleh karena itu, FDA belum menetapkan batas atas asupan MSG untuk populasi umum atau ibu hamil.

Hanya dalam dosis besar

Studi lebih lawas yang diterbitkan di The Journal of Nutrition pada tahun 2000 memang menunjukkan bahwa ketika orang mengonsumsi MSG secara langsung dalam dosis besar (tanpa makanan), mereka lebih cenderung mengalami gejala yang tidak menyenangkan daripada jika mereka mengonsumsi plasebo.

Namun di dunia nyata, Anda tentu tidak akan mengonsumsi MSG dalam dosis besar langsung dari botol.

Komisi ilmiah independen yang dipercaya oleh FDA juga menemukan bahwa dampak buruk mengonsumsi MSG, seperti sakit kepala, kemerahan, kesemutan, dan jantung berdebar-debar, hanya terjadi kadang-kadang dengan dosis 3 gram atau lebih.

Padahal, satu sajian MSG dari makanan biasanya kurang dari 0,5 gram.

Baca juga: Apa Itu Umami, Rasa yang Ditimbulkan oleh Micin?

Alasan untuk menghindari makanan ber-MSG

Meskipun penelitian belum mengaitkan MSG dengan efek samping yang parah, Anda mungkin ingin menghindari MSG bisa memiliki alergi terhadap zat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X