Kompas.com - 10/07/2021, 10:03 WIB
Penyu tempayan (Caretta caretta) bisa menahan napas selama 10 jam di bawah laut. Penyu tempayan (Caretta caretta) bisa menahan napas selama 10 jam di bawah laut.


KOMPAS.com - Studi baru menemukan bahwa penyu tempayan dan penyu hijau yang lebih kecil, membuat sarang di Pantai Florida.

Kendati demikian, para peneliti di University of Central Florida tidak yakin mengapa penyu-penyu ini membuat sarang di kawasan tersebut.

Studi temuan sarang penyu kecil di pantai Florida ini telah dipublikasikan dalam jurnal Ecosphere.

Menurut peneliti, seperti dilansir dari Phys, Sabtu (10/7/2021) penemuan tersebut memberikan petunjuk tentang status penyu, yang sangat penting untuk memantau kesehatan populasi spesies yang terancam punah ini.

Garis pantai Atlantik di Florida Tengah menampung sekitar sepertiga dari semua sarang penyu hijau di negara bagian itu.

Baca juga: Serba-Serbi Hewan: Penyu Buat Sarang Palsu, Sembunyikan Telur dari Predator

 

Wilayah pantai Florida juga merupakan salah satu lokasi sarang beberapa jenis penyu yang paling penting di dunia.

Penyu adalah spesies penting bagi simbol ikonik konservasi di Florida dan hewan laut ini memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem laut yang sehat.

Menurut Katrina Phillips, penulis utama studi dan kandidat doktor di Departemen Biologi University of Central Florida, alasan munculnya penyu yang lebih kecil bersarang masih menjadi misteri.

"Mungkin penyu remaja tumbuh lebih lambat karena mereka kesulitan menemukan makanan akibat degradasi habitat atau persaingan dari penyu lain," kata Phillips.

Dugaan lain dari sarang yang ditemukan di pantai Florida ini, menurut Phillips yakni kemungkinan penyu yang lebih kecil merupakan anggota baru dari populasi sebagai hasil dari upaya konservasi penyu yang berhasil.

Baca juga: Lockdown Corona, Penyu Raksasa Florida Bisa Berkembang Biak

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.