Kompas.com - 28/06/2021, 07:02 WIB
Mega komet Bernardinelli-Bernstein atau 2014 UN271. Diagram orbit 2014 UN271 terhadap planet-planet kerdil tata Surya kita dan citra 2014 UN217 sebagai komet raksasa. Penampakan ini diambil dari Observatorium SkyGems Remote Telescope, Namibia. Marufin SudibyoMega komet Bernardinelli-Bernstein atau 2014 UN271. Diagram orbit 2014 UN271 terhadap planet-planet kerdil tata Surya kita dan citra 2014 UN217 sebagai komet raksasa. Penampakan ini diambil dari Observatorium SkyGems Remote Telescope, Namibia.

KOMPAS.com - Di akhir pekan kemarin, setidaknya ada 4 berita populer di kanal Sains Kompas.com. Mulai dari komet raksasa yang menghebohkan jagat astronomi hingga tentang penggunaan masker dobel yang disarankan Satgas Covid-19.

Saat ini para astronom sedang mengamati komet raksasa (megakomet) yang sedang bergerak memasuki tata surya bagian dalam. Komet apa itu dan seberapa jauh jaraknya dengan kita?

Di sisi lain, dunia masih harus berjuang dengan peningkatan kasus Covid-19 dan penyebaran varian Delta.

WHO menyerukan semua orang yang sudah mendapat vaksin penuh untuk tetap memakai masker. Sementara itu, Satgas Covid-19 mengimbau semua masyarakat untuk menggunakan masker dobel saat pergi ke luar ruangan.

Ingat, cara pemakaian masker dobel jangan sampai keliru. Bukan dua masker medis ditumpuk atau menggunakan dua masker kain, lho.

Lalu, bila kita curiga kena Covid-19 sebaiknya tes antigen atau tes PCR dulu ya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aneka makanan yang buruk untuk kesehatan paru pun menjadi berita populer lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Tanda Anak Terinfeksi Varian Delta | Gejala Terbaru Covid-19

Berikut rangkuman berita terkini dari kanal Sains Kompas.com edisi 27 juni 2021:

1. Komet raksasa masuki tata surya bagian dalam, terbesar sepanjang sejarah manusia

Astronom Amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengabarkan bahwa sebuah komet raksasa (megakomet) sedang bergerak memasuki tata surya bagian dalam dan menghebohkan jagat astronomi.

"Sebuah komet raksasa (megakomet) yang datang dari tepian tata surya kita sedang bergerak memasuki tata surya bagian dalam dan menghebohkan jagat astronomi," kata Marufin kepada Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.