Kompas.com - 27/06/2021, 09:00 WIB
Pasien Covid-19 menempati tenda darurat di depan instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (24/6/2021). Meningkatnya kasus Covid-19 di ibu kota dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan penuhnya tingkat keterisian kamar perawatan di rumah sakit tersebut sehingga sebagian pasien Covid-19 terpaksa menempati tenda darurat. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPasien Covid-19 menempati tenda darurat di depan instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (24/6/2021). Meningkatnya kasus Covid-19 di ibu kota dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan penuhnya tingkat keterisian kamar perawatan di rumah sakit tersebut sehingga sebagian pasien Covid-19 terpaksa menempati tenda darurat.

KOMPAS.com - Varian Delta yang saat ini sudah ditemukan ratusan kasus di Indonesia membuat kita semakin waspada dan sadar diri.

Bagaimana tidak, varian ini jauh lebih menular dibanding varian virus corona asli yang pertama kali muncul di Wuhan, China.

Jika seseorang yang terinfeksi varian asli dapat menularkan virusnya ke 3-4 orang, maka seseorang yang terinfeksi Covid-19 dengan varian Delta dapat menularkan virus ke 7-8 orang lain dan seterusnya.

Semua orang berisiko terinfeksi tertular varian Delta, termasuk anak-anak. Apa gejala Covid-19 dengan varian Delta pun menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi akhir pekan, Sabtu (26/6/2021) hingga Minggu (27/6/2021).

Lalu bagaimana kita membedakan gejala flu biasa dengan Covid-19 pun menjadi berita terkini yang populer lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Fenomena Bulan Purnama Stroberi | Kenapa Masih Hujan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut rangkuman 4 beria populer Sains Kompas.com.

1. Gejala Covid-19 varian Delta pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan bahwa 1 dari 8 kasus konfirmasi positif Covid-19 adalah anak-anak. Dan yang meninggal di antaranya mencapai 3-5 persen.

Ada ribuan anak meninggal dunia karena Covid-19 setiap minggu.

Menyebarnya verian Delta yang mengkhawatirkan mengharuskan orangtua untuk lebih waspada menjaga anak-anaknya dan mengenali gejala Covid-19 pada anak.

Menurut Prof Dr dr Rismala Dewi SpA(K), selaku Dokter Spesialis Patologi Forensik KSM Kesehatan Anak RS Cipto Mangunkusumo, infeksi Covid-19 varian Delta ini bisa menyebabkan gejala yang sangat bervariasi.

"Gejalanya (gejala Covid-19 pada anak) memang bisa bermacam-macam tidak khas, tapi banyak yang berhubungan dengan gangguan saluran cerna atau pernapasan," jelasnya.

Simak penjelasan selengkapnya di sini:

Waspada Ini Gejala Covid-19 pada Anak yang Terinfeksi Varian Delta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.