[POPULER SAINS] Ikan Coelacanth dari Zaman Dinosaurus Hamil 5 Tahun | Efektivitas Vaksin Covid-19 Lawan Varian Delta

Kompas.com - 20/06/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sebelumnya diberitakan ilmuwan menemukan ikan dari zaman dinosaurus yang masih hidup hingga saat ini.

Yang lebih mengejutkan, ternyata ikan tersebut bisa hidup sampai 100 tahun dan usia kandungan sampai 5 tahun.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com sejak Jumat (18/6/2021) hingga Minggu (20/6/2021).

Selain itu, bagaimana keefektifan vaksin Covid-19 dalam melawan varian Delta yang sangat menular dan juga berkembang di Indonesia menjadi berita populer lainnya.

Beralih ke zaman dinosaurus, banyak ahli mengatakan bahwa kepunahan dinosaurus disebabkan oleh tubrukan meteor yang besar. Kini, ilmuwan menemukan bukti bahwa T-rex remaja juga menyebabkan kepunahan bagi dinosaurus ukuran sedang.

Berita populer Sains lainnya yang patut disimak adalah gletser kiamat terbesar di Antartika yang diprediksi segera runtuh.

Baca juga: [POPULER SAINS] Hewan yang Membeku 30 Tahun Dihidupkan Lagi | Penyebab Serangan Jantung saat Olahraga

Berikut rangkuman berita populer Sains:

1. Ikan yang sudah ada sejak zaman dinosaurus bisa hidup sampai 100 tahun

Coelacanth, spesies ikan yang hidup di bumi 420 juta tahun lalu, baru-baru ini ditemukan kembali di lepas pantai Afrika Selatannewsweek Coelacanth, spesies ikan yang hidup di bumi 420 juta tahun lalu, baru-baru ini ditemukan kembali di lepas pantai Afrika Selatan

Coelacanth, ikan hantu laut dalam yang pernah dianggap punah, kemungkinan besar baru mencapai kedewasaan sekitar usia 50 tahun.

Tim peneliti Perancis menemukan bahwa ikan yang kurang dipahami ini dapat hidup sampai 100 tahun.

Tidak hanya itu, ikan laut dalam ini menghabiskan bertahun-tahun hidupnya di dalam rahim dan baru sepenuhnya mencapai usia matang atau dewasa saat berusia 45 tahun.

Dilansir Gizmodo, Jumat (18/6/2021), beberapa perkiraan sebelumnya berpendapat bahwa coelacanth adalah ikan yang tumbuh cepat dan cepat bertelur, dengan batas hidup hanya sekitar 20 tahun.

Baca penelitian Coelacanth, ikan dari zaman dinosaurus ini di sini:

Ikan dari Zaman Dinosaurus Ini Bisa Hidup Sampai 1 Abad, Hamil 5 Tahun

2. Efektivitas vaksin Covid-19 melawan varian Delta