[POPULER SAINS] Penjelasan Muncul Efek Mirip Cacar Usai Vaksin | Foto Bima Sakti, Ada dari Ijen

Kompas.com - 21/06/2021, 07:00 WIB
Gambar Bima Sakti yang diabadikan oleh Daniel Thomas Gum di Mungo, NSW, Australia. Daniel Thomas Gum via Earth SkyGambar Bima Sakti yang diabadikan oleh Daniel Thomas Gum di Mungo, NSW, Australia.

KOMPAS.com - Ada banyak efek samping yang dirasakan seseorang usai divaksin. Bisa jadi, gejalanya berbeda antara satu orang dengan yang lain.

Seperti sebuah video viral di TikTok yang menceritakan muncul ruam merah dan gelembung-gelembung kecil berisi cairan mirip cacar air usai divaksin.

Apa sebenarnya yang dialami orang dalam rekaman TikTok tersebut menjadi salah satu berita Populer Sains Kompas.com edisi Minggu (20/6/2021) hingga Senin (21/6/2021).

Selain itu, cara mengembalikan hilangnya indra penciuman dan perasa juga menjadi berita populer lainnya.

Topik menarik lainnya adalah tentang fenomena badai galaksi dan foto-foto Bima Sakti dari banyak negara, termasuk di Indonesia yang berhasil diabadikan para fotografer.

Baca juga: [POPULER SAINS] Ikan Coelacanth dari Zaman Dinosaurus Hamil 5 Tahun | Efektivitas Vaksin Covid-19 Lawan Varian Delta

Berikut rangkumannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Muncul efek mirip cacar usai vaksin

Potongan gambar dari video Efek Vaksin Kulit Rusak yang viral di TikTok.Tangkapan layar TikTok Potongan gambar dari video Efek Vaksin Kulit Rusak yang viral di TikTok.

Sebuah video yang diunggah akun @cahyani630 viral di TikTok. Dalam video tersebut, tampak seorang pria paruh baya bercerita kulitnya rusak karena muncul ruam-ruam merah setelah vaksin.

Menurutnya, dalam beberapa hari setelah vaksin, tubuhnya terasa tak enak dan muncul ruam –ruam di bagian tangan dan kaki, yang kemudian mejalar ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu, di beberapa bagian tubuh, muncul juga benjolan berisi cairan.

Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Wang Suryany, Sp. KK mengatakan, jika dilihat dari kondisi pria tersebut di video, kemungkinan ia mengalami Bullous Drug Eruption, yaitu reaksi alergi obat dengan gambarannya, timbul ruam-ruam merah dan terbentuk bulla atau gelembung berisi cairan.

“Ini pendapat saya jika dilihat dari videonya ya. Karena saya tidak memeriksa langsung kondisi bapak tersebut, sehingga sulit memastikan apa yang sebenarnya dialami bapak tersebut,” kata dr. Wang saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/6/2021).

“Bisa juga ini masuk dalam kategori KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang langka,”imbuhnya.

Baca selengkapnya di sini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X