Kompas.com - 20/06/2021, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Sebuah video yang diunggah akun @cahyani630 viral di TikTok. Dalam video tersebut, tampak seorang pria paruh baya bercerita kulitnya rusak karena muncul ruam-ruam merah setelah vaksin.

Menurutnya, dalam beberapa hari setelah vaksin, tubuhnya terasa tak enak dan muncul ruam –ruam di bagian tangan dan kaki, yang kemudian mejalar ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu, di beberapa bagian tubuh, muncul juga benjolan berisi cairan.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

Pria tersebut mengaku akhirnya kembali mendatangi tempat dirinya mendapatkan vaksin untuk berkonsultasi terkait kondisinya.

Petugas medis yang menerimanya tampak heran dan akhirnya mengatakan bahwa pria tersebut terkena cacar.

Potongan gambar dari video Efek Vaksin Kulit Rusak yang viral di TikTok.Tangkapan layar TikTok Potongan gambar dari video Efek Vaksin Kulit Rusak yang viral di TikTok.
Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Wang Suryany, Sp. KK mengatakan, jika dilihat dari kondisi pria tersebut di video, kemungkinan ia mengalami Bullous Drug Eruption, yaitu reaksi alergi obat dengan gambarannya, timbul ruam-ruam merah dan terbentuk bulla atau gelembung berisi cairan.

“Ini pendapat saya jika dilihat dari videonya ya. Karena saya tidak memeriksa langsung kondisi bapak tersebut, sehingga sulit memastikan apa yang sebenarnya dialami bapak tersebut,” kata dr. Wang saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/6/2021).

“Bisa juga ini masuk dalam kategori KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang langka,”imbuhnya.

Baca juga: Kenapa Vaksin Covid-19 Menyebabkan Efek Samping? Begini Kata Ahli

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.