Kompas.com - 20/06/2021, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Air sangat penting untuk kehidupan. Dan minum air putih, baik hangat, dingin, atau suhu kamar, jelas akan membuat Anda terhidrasi.

Tapi, apakah ada manfaat kesehatan dari minum air putih hangat? Dan apakah suhu air putih yang Anda minum benar-benar penting?

Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD, seorang ahli gizi terdaftar mengatakan, ada klaim bahwa minum air putih hangat memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu pencernaan dan menghilangkan sembelit.

Tetapi menurutnya, hanya ada sedikit penelitian ilmiah untuk mendukung manfaat kesehatan dari minum air hangat dibandingkan dengan suhu kamar atau air putih dingin.

Baca juga: Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

“Memang banyak yang merasa bahwa minum air panas di pagi hari membantu pencernaan dan dapat membantu buang air besar lancar,” kata Czerwony.

Tetapi, apakah benar itu karena suhu air, atau hanya fakta sederhana bahwa tetap terhidrasi membantu buang air besar secara teratur, karena membantu merilekskan usus Anda?

Czerwony menjelaskan, saluran gastrointestinal (GI) Anda adalah satu otot besar, sehingga mungkin air putih hangat membuat saluran GI Anda sedikit rileks, sehingga membantu mengatasi sembelit.

“Begitu juga jika Anda memiliki gejala pilek, minum air putih hangat dapat membantu mengatasi hal-hal seperti hidung tersumbat dari uap panas yang naik ke saluran hidung Anda. Sehingga, pernapasn terasa lega,” lanjutnya.

Di sisi lain, kata Czerwony, sebagian besar dari kita tidak minum cukup air dalam sehari, jadi bagaimanapun cara Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan harian yang direkomendasikan, maka lakukanlah.

Secara umum, kebutuhan air terbagi menjadi sekitar 15 cangkir per hari untuk pria, dan sekitar 11 cangkir per hari untuk wanita.

Sangat penting untuk selalu terhidrasi, dan setiap orang tampaknya punya cara berbeda. Beberapa orang lebih suka air suhu kamar, sementara orang lain tidak bisa minum air suhu kamar dan lebih suka air es.

Intinya adalah, jika Anda lebih suka minum air putih hangat dan itu membantu Anda tetap terhidrasi, maka minumlah.

Baca juga: 8 Manfaat Mengganti Minuman Bersoda dengan Air Putih

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.