Kompas.com - 18/06/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri di rumah ShutterstockIlustrasi isolasi mandiri di rumah
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Memahami perawatan selama isolasi mandiri merupakan hal yang sangat dibutuhkan ketika salah satu anggota keluarga terindikasi (suspek) atau terkonfirmasi positif Covid-19.

Jika dokter merekomendasikan isolasi mandiri di rumah dan tidak perlu perawatan di rumah sakit, bukan berarti pasien tidak mendapatkan penanganan yang serius.

Perawatan selama isolasi di rumah pun harus ekstra. Tugasnya bukan hanya memulihkan kondisi pasien, tetapi juga mencegah penularan terhadap anggota keluarga lainnya.

Berdasarkan panduan dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC), berikut adalah hal yang harus dilakukan ketika anggota keluarga harus isolasi mandiri di rumah.

1. Bantu penuhi kebutuhan dasar

Bantu pasien untuk mengikuti perawatan dari dokter. Pastikan ia mendapatkan asupan cairan yang cukup dan istirahat yang berkualitas.

Baca juga: 7 Langkah Isolasi Mandiri di Rumah Agar Cepat Pulih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buatlah daftar kebutuhan pasien, mulai dari makanan hingga peralatan kebersihan. Selalu tanyakan pada pasien jika ada sesuatu yang ia butuhkan.

Batasi kontak pasien dengan anggota keluarga lain dan hewan peliharaan untuk mencegah penularan.

2. Pantau kondisi pasien

Simpan nomor dokter atau layanan medis yang bisa dihubungi jika pasien membutuhkan perawatan medis darurat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X