Kompas.com - 29/05/2021, 20:40 WIB
Foto fenomena terlihatnya kilatan cahaya yang diduga merupakan meteor terjadi di Gunung Merapi pada Kamis (27/5/2021). Instagram: @Gunarto_SongFoto fenomena terlihatnya kilatan cahaya yang diduga merupakan meteor terjadi di Gunung Merapi pada Kamis (27/5/2021).


KOMPAS.com- Tangkapan layar foto fenomena langka kilatan cahaya yang diduga meteor jatuh di atas puncak Gunung Merapi, Yogyakarta menjadi viral di media massa.

Foto ini viral setelah diunggah pertama kali oleh akun instagram @Gunarto_Song dan telah direpost oleh banyak akun termasuk @yogyakartacity.

Diketahui untuk mendapatkan potret tersebut, @Gunarto_Song tak sengaja merekamnya ketika tengah melakukan pemotretan 'long exposure' Gunung Merapi dan tiba-tiba muncul cahaya berkelebat berwarna kehijauan yang menjulang vertikal ke langit, Kamis (27/5/2021).

Berikut beberapa fakta menarik mengenai kilatan cahaya yang jatuh di puncak Gunung Merapi ini.

1. Terekam CCTV 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi(BPPTKG) dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) pun angkat bicara.

Dalam akun instagram resminya @bpptkg memberikan ulasan mengenai penampakan kilatan cahaya diduga benda langit yang jatuh di atas Gunung Merapi itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Viral Foto Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

 

Diakui BPPTKG bahwa memang benar adanya tangkapan layar kilatan cahaya yang diduga sebagai meteor jatuh di sekitar Gunung Merapi pada 27 Mei 2021, pukul 23.08 WIB tersebut.

"Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," tulis BPPTKG seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (29/5/2021).

Fenomena yang diduga sebagai meteor jatuh ini pun juga dikonfirmasi melalui pantauan CCTV dari Pos Kalitengah Kidul yang mendapatkan momen tersebut di waktu yang sama berupa kilatan cahaya berpendar selama beberapa detik.

Selain itu, juga tidak ada laporan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi.

2. Bukan aktivitas gempa

Kendati kilatan cahaya yang diduga awal sebagai meteor jatuh di puncak Gunung Merapi tersebut sempat terekam melalui kamera CCTV BPPTKG, tetapi mereka menegaskan bahwa tidak ada sinyal yang signifikan dari data kegempaan.

Baca juga: Viral Video Asteroid Tabrak Gunung Merapi, Ini Penjelasan Lapan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.