Gletser Greenland Meleleh Mengandung Merkuri Tinggi

Kompas.com - 29/05/2021, 19:40 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber New Atlas

KOMPAS.com- Lapisan es Greenland dikaitkan dengan berbagai masalah lingkungan. Namun sekarang peneliti menemukan masalah baru yang mengejutkan dan tak dibayangkan sebelumnya, yakni temuan tingkat merkuri tinggi pada gletser Greenland yang meleleh.

Peneliti mengungkap jika air lelehan yang berasal dari gletser Greenland yang mencair ternyata mengandung merkuri tinggi.

Temuan ini pun dikhawatirkan akan berdampak pada industri perikanan lokal dan mengancam kesehatan manusia.

Mengutip New Atlas, Sabtu (29/5/2021) tim peneliti mengambil sampel air dari tiga sungai dan dua fjord di dekat lapisan es untuk mempelajari nutrisi yang akan terbawa ke ekosistem pesisir.

Baca juga: Sempat Menyusut, Lapisan Gletser di Greenland Kini Tumbuh Lagi

Hasilnya tim menemukan bahwa sungai yang berisi lelehan gletser Greenland mengandung tingkat merkuri terlarut lebih dari 150 nanogram per liter (ng L-1), angka tersebut 150 kali lebih tinggi dari rata-rata sungai.

Kendati demikian, yang lebih mengkhawatirkan adalah penemuan partikulat merkuri dalam sedimen yang disebut 'tepung' glasial mencapai 2000 ng L-1.

"Kami tak menyangka akan ada jumlah merkuri yang mendekati itu di air lelehan gletser. Kami memiliki hipotesis apa yang menyebabkan konsentrasi merkuri tinggi tetapi temuan juga sekaligus menimbulkan banyak pertanyaan lain," ungkap Rob Spencer, penulis utama studi.

Dua pertanyaan utamanya adalah tentu saja dari mana merkuri itu berasal dan kemana perginya.

Sejauh ini pencemaran merkuri terjadi dari aktivitas seperti industri. Tetapi peneliti justru menyebut jika merkuri pada lelehan gletser bukan berasal dari aktivitas manusia.