Kompas.com - 10/05/2021, 12:32 WIB
Penguin khas Selandia Baru SHUTTERSTOCK/Vladislav T. JirousekPenguin khas Selandia Baru

KOMPAS.com - Menyelamatkan suatu spesies terkadang berarti harus merawat satu hewan pada satu waktu. Itulah yang dilakukan sekelompok dokter hewan yang bekerja di The Wildlife Hospital. Rumah sakit itu berada di Kota Dunedin, Selandia Baru.

Di sana, para dokter hewan mengambil langkah kecil demi tujuan besar, dengan memberi perawatan eksklusif kepada penguin, hewan asli negara itu.

Berada di dekat Semenanjung Otago yang merupakan rumah banyak satwa liar Pulau Selatan Selandia Baru, rumah sakit itu berada di tempat ideal untuk melayani spesies yang paling rentan.

Hampir 80 persen satwa liar asli Selandia Baru terancam punah, dari burung kakapo hingga singa laut.

Baca juga: Agar Tak Punah, Berapa Manusia yang Dibutuhkan untuk Selamat dari Kiamat?

Artinya, tindakan medis untuk setiap tulang bermasalah dan perhatian terhadap binatang yang kehilangan induk akan sangat berpengaruh pada spesies yang tengah berkembang maupun menuju punah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini pekerjaan berisiko tinggi, tapi Anda tidak akan menyadari itu jika hanya melihat pasien rumah sakit paling terkenal itu berjalan-jalan di sela jam makan.

Penguin bermata kuning, yang disebut hoiho (teriakan kebisingan dalam bahasa Maori), adalah spesies penguin terbesar yang hidup dan berkembang biak di daratan Selandia Baru.

Namun dalam beberapa dekade terakhir, populasinya menurun. Konsekuensinya, pemerintah Selandia Baru memasukkan hewan akuatik jenis burung itu ke dalam daftar binatang yang terancam punah secara nasional.

Di sisi lain, jumlah mereka yang semakin sedikit membuat burung laut bermata kuning ini menjadi salah satu penguin paling langka di dunia.

Hoiho adalah salah satu spesies penguin paling terancam di dunia. Kini hanya ada sekitar 4.000 hingga 5.000 ekor hoiho dewasa yang tersisa di alam liar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X