Kompas.com - 09/05/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi minum air putih. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKAIlustrasi minum air putih.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Minum air yang cukup sangat penting karena seluruh sistem tubuh manusia bergantung pada air untuk bisa bekerja dengan baik.

Asupan air yang cukup akan membantu tubuh mengatur suhu, mencegah sembelit, membuang produk limbah, dan menjaga fungsi tubuh.

Meski air yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, minum terlalu banyak air juga bisa berbahaya.

Kelebihan cairan atau overhidrasi dapat menyebabkan keracunan air, yakni kondisi ketika garam dan elektrolit lain dalam tubuh menjadi terlalu encer.

Jika elektrolis turun terlalu cepat atau terlalu rendah, bisa mengakibatkan kondisi yang fatal. Kematian karena overhidrasi memang jarang terjadi, namun bukanlah hal yang mustahil.

Baca juga: Bahaya Diare yang Tak Boleh Disepelekan, Dehidrasi hingga Gagal Ginjal

Penyebab overhidrasi

Overhidrasi merupakan ketidakseimbangan cairan. Kondisi ini terjadi ketika tubuh mendapatkan atau menahan terlalu banyak cairan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Minum terlalu banyak air atau tubuh yang tidak dapat mengeluarkan cairan secara maksimal akan menyebabkan cairan menumpuk.

Dilansir dari Healthline, kebutuhan air setiap individu bisa berbeda-beda, bergantung pada jenis kelamin, cuaca, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Situasi seperti lingkungan yang panas dan penyakit dengan demam membutuhkan lebih banyak asupan cairan dari biasanya.

Beberapa kondisi kesehatan dan konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan overhidrasi.

Baca juga: Anak-anak Lebih Mudah Dehidrasi, Begini Cara Menghitung Kebutuhan Cairannya

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X