Kompas.com - 09/05/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi mengukur tekanan darah. FREEPIK/IJEABIlustrasi mengukur tekanan darah.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Memperhatikan tekanan darah penting untuk mengontrol kesehatan serta mencegah penyakit seperti tekakan darah tinggi.

Tekanan darah mengacu pada tekanan yang diterima darah pada pembuluh arteri darah ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh manusia.

Tekanan darah diukur dengan menggunakan dua angka, yakni angka pertama adalah tekanan darah sistolik dan angka kedua adalah tekanan darah diastolik.

Tekanan darah sistolik mengukur tekanan di arteri ketika jantung berdetak. Sementara itu, tekanan darah diastolik mengukur tekanan di arteri ketika jantung beristirahat di antara detak jantung.

Jika hasil pengukuran tekanan darah menunjukkan 120 sistolik dan 80 diastolik, biasanya akan ditulis dengan 120/80 mmHg.

Baca juga: Studi Ungkap Peregangan Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Dilansir dari CDC, tingkat tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mmHG. Penyakit darah tinggi didiagnosis ketika seseorang secara konsisten memiliki tekanan darah 140/90 mmHg.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Batasan tersebut berdasarkan pedoman yang dikeluarkan pada tahun 2003. Namun, tenaga medis lain mendiagnosis penyakit darah tinggi jika tekanan darah secara konsisten menunjukkan angka 130/80 mmHg.

Semakin tinggi tingkat tekanan darah, maka semakin tinggi pula risiko terserang masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

Tekanan darah yang tinggi dapat merusak kesehatand engan berbagai cara. Kondisi ini bisa sangat melukai organ penting seperti jantung, otak, ginjal, dan mata.

Baca juga: Hipertensi Bisa Picu Gagal Jantung, Begini Cara Mengelola Tekanan Darah

Arteri juga bisa rusak akibat tekanan darah tinggi. Arteri yang kurang elastis akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke jantung hingga memicu penyakit jantung.

Halaman:


Sumber CDC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X