Studi Ungkap Peregangan Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kompas.com - 28/01/2021, 18:03 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Salah satu cara mengelola tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah menurunkan berat badan dan berolahraga secara teratur.

Sayangnya, tak semua orang suka olahraga, apalagi olahraga berat. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, ada kabar gembira untuk Anda.

Penelitian baru menunjukkan, bahwa peregangan kemungkinan lebih efektif daripada jalan cepat dalam menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Hipertensi untuk Mencegah Kematian Dini

"Semua orang berpikir bahwa peregangan hanyalah tentang meregangkan otot Anda," kata Phil Chilibeck, yang mempelajari biomekanik dan gerakan manusia (kinesiologi) di Universitas Saskatchewan di Saskatoon, Kanada.

"Tapi saat Anda meregangkan otot, Anda juga meregangkan semua pembuluh darah yang masuk ke otot, termasuk semua arteri."

Ini mengurangi kekakuan di arteri Anda, yang berarti ada lebih sedikit resistensi terhadap aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular, yang merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Meskipun sulit, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah, seperti mengurangi asupan garam, mengurangi minum alkohol, atau menghindari stress dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Dan kini, kita juga bisa menambahkan latihan peregangan ke dalam daftar upaya menurunkan tekanan darah.

Penelitian sebelumnya, pada hewan dan manusia, telah menunjukkan bagaimana peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke otot dan jaringan.

Sebuah penelitian lain juga menemukan, peregangan adalah cara yang efektif bagi wanita (dengan tekanan darah normal) untuk mengurangi tekanan darah selama kehamilan, yang mana ini lebih efektif dari sekedar berjalan.

Belum lagi peregangan yang memperkuat jaringan ikat, meningkatkan kelenturan, dan membantu tubuh kita beradaptasi dengan peningkatan olahraga.

Baca juga: 5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X