Kompas.com - 09/05/2021, 15:32 WIB
Ilustrasi gejala asam urat UnsplashIlustrasi gejala asam urat
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan pembentukan kristal pada persendian dan jaringan.

Terbentuknya kristal asam urat akan mengakibatkan gejala peradangan dan penyakit asam urat.

Kadar asam urat yang tinggi disebabkan oleh produksi asam urat yang berlebih dan tubuh tidak banyak membuangnya.

Pemicu asam urat berlebih adalah purin, yakni zat kimia yang secara alami ditemukan di dalam tubuh dan beberapa makanan.

Ketika purin dipecah, ia akan menghasilkan asam urat sebagai produk ginjal. Ginjal menyaringnya dari darah untuk mengeluarkannya melalui urine.

Baca juga: 4 Makanan Kaya Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Kadar asam urat normal

Ingat, memiliki asam urat dalam darah adalah kondisi yang normal. Namun, jika asam urat terlalu tinggi atau terlalu rendah dari kadar normal, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski jarang terjadi, kadar asam urat seseorang bisa saja sangat rendah jika tubuhnya terlalu banyak mengeluarkan asam urat.

Dilansir dari Medical News Today, 30 September 2020, kadar asam urat rendah bagi laki-laki adalah di bawah 2,5 mg/dl, kadar asam urat normal adalah 2,5-7,0 mg/dl, dan kadar asam urat tinggi adalah di atas 7,0 mg/dl.

Sementara itu, bagi wanita, kadar asam urat rendah adalah di bawah 1,5 mg/dl, kadar asam urat normal adalah 1,5-6,0 mg/dl, dan kadar asam urat tinggi adalah di atas 6,0 mg/dl.

Cara mengontrol kadar asam urat

Agar tidak menimbulkan komplikasi yang tak diinginkan, kadar asam urat perlu dikontrol agar tetap normal.

Baca juga: 3 Gejala Asam Urat yang Paling Umum, Apa Saja?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X