Kompas.com - 10/05/2021, 08:32 WIB
Helikopter NASA, Ingenuity, saat terbang di Mars. Dalam gambar yang diambil oleh penjelajah Mars Perseverance Ingenuity, kanan, terbang di atas permukaan planet pada hari Jumat, 30 April 2021. Ingenuity melakukan penerbangan keempatnya pada Jumat (7/5/2021) sore, menempuh jarak 266 meter pada ketinggian 5 meter selama dua menit. Penerbangan ini lebih jauh dan lebih lama dari sebelumnya.  NASA / JPL-Caltech / ASU / MSSS melalui APHelikopter NASA, Ingenuity, saat terbang di Mars. Dalam gambar yang diambil oleh penjelajah Mars Perseverance Ingenuity, kanan, terbang di atas permukaan planet pada hari Jumat, 30 April 2021. Ingenuity melakukan penerbangan keempatnya pada Jumat (7/5/2021) sore, menempuh jarak 266 meter pada ketinggian 5 meter selama dua menit. Penerbangan ini lebih jauh dan lebih lama dari sebelumnya.

KOMPAS.com - Mula-mula muncul gambar yang menakjubkan, lalu videonya. Sekarang NASA membagikan suara helikopter kecilnya yang berdengung di udara Mars yang tipis.

Laboratorium Propulsi Jet NASA di California merilis suara ini pertama kali pada hari Jumat (7/5/2021), tepat sebelum Ingenuity melakukan uji terbang kelimanya, perjalanan singkat satu arah ke lapangan terbang baru.

Selama penerbangan keempat seminggu sebelumnya, dengungan rendah dari bilah helikopter yang berputar dengan kecepatan lebih dari 2.500 putaran per menit hampir tidak terdengar.

Suara yang tertangkap hampir mirip seperti suara nyamuk bernada rendah yang jauh atau serangga terbang lainnya.

Baca juga: Mirip Antartika, Kemungkinan Ada Gletser di Mars, Ini Wujudnya

Dilansir AP News, Sabtu (8/5/2021), itu karena helikopter ingenuity yang beratnya 1,8 kilogram berada di ketinggian lebih dari 80 meter dari mikrofon pada rover Perseverance.

Hembusan angin kencang juga mengaburkan suara helikopter ingenuity.

Para ilmuwan mengisolasi suara bilah yang berputar dan memperbesarnya, sehingga lebih mudah untuk didengar.

"Ini adalah kejutan yang sangat bagus," kata David Mimoun, pimpinan sains untuk mikrofon SuperCam Mars, dalam sebuah pernyataan.

“Kami telah melakukan tes dan simulasi yang memberi tahu kami bahwa mikrofon hampir tidak dapat menangkap suara helikopter, karena atmosfer Mars sangat meredam perambatan suara. Kami beruntung bisa merekam suara helikopter pada jarak seperti itu. Rekaman ini akan menjadi tambang emas bagi pemahaman kita tentang atmosfer Mars," imbuhnya dilansir IFL Science, Jumat (7/5/2021)

Tentang ingenuity

Ingenuity adalah pesawat bertenaga pertama yang terbang di planet selain Bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.