Kompas.com - 10/05/2021, 14:30 WIB
Kucing takut air pixabayKucing takut air

KOMPAS.com - Tidak semua kucing takut air. Kucing yang memiliki pengalaman baik dengan air dalam fase sosialisasinya, biasanya lebih mudah menyukai air. Fase sosialisasi ini terjadi di minggu ke-3 sampai minggu ke-8 bayi kucing ketika kucing perlahan diperkenalkan dengan lingkungannya. Selain itu ada juga jenis kucing yang memang menyukai air.

Ada sebuah mitos yang menyebutkan jika kucing pertama kali dipelihara pada 9.500 tahun lalu di Timur Tengah. Cuaca padang pasir disana panas dan jauh dari sumber air seperti danau, sungai, dan hujan. Insting ini yang membuat kucing pada umumnya takut air.

Namun itu tidak berlaku pada semua jenis kucing. Kucing Turkish Van dan Turkish Angora terkenal dengan kemampuannya berenang dan sangat menyukai air. Kedua jenis kucing ini beradaptasi dengan iklim di area Danau Van di Turki, sehingga mereka sangat suka berenang.

Jenis kucing lain yang juga menyukai air adalah kucing Bengal, Maine Coon, dan American Bobtail. Kucing yang menyukuai air biasanya memiliki karakter bulu yang lebih tahan terhadap air.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Anak Kucing

Dilansir dari The Spruce Pets (12/1/2020), ada beberapa alasan kenapa kucing takut air.

Kucing sangat sensitif terhadap bau

Indera penciuman kucing 14 kali lebih tajam daripada indera penciuman manusia. Indera penciuman kucing sangat berpengaruh kepada nafsu makannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun indera penciumannya bisa terganggu ketika dia dimandikan dengan shampo dan kondisioner ketika kita memandikannya. Ada pula anggapa bahwa kucing tidak suka bau kimiawi yang berasal dari air keran.

Kucing senang dalam kondisi yang bersih dan hangat

Kucing sangat senang membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati bulunya. Mereka menghabiskan sekitar 40% waktu mereka untuk melakukan ini. Menjilati bulunya akan menjaga bulu kucing bersih dan tidak kusut.

Jadi sebenarnya, Anda tak perlu sering-sering memandikan kucing Anda. Anda hanya perlu memandikan kucing jika kucing terkena kotoran yang lengket atau berbau.

Kucing senang menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Jika bulu kucing basah, kucing akan merasa keberatan dan tidak nyaman. Selain itu, kucing akan kedinginan dan sulit menjagasuhu tubuhnya tetap hangat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X